Implementasi Sistem Pelayanan Penumpang dan Barang Berbasis Boarding pass Pada Masa Pandemi Covid-19 di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang

AHARDIAN, AJIE ISMAHENDRA (2023) Implementasi Sistem Pelayanan Penumpang dan Barang Berbasis Boarding pass Pada Masa Pandemi Covid-19 di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911317382K_PROSIDING_FULLTEXT)
561911317382K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi – Sistem pelayanan Boarding pass di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu hingga sekarang. Pada masa pandemi sekarang ini aturan mengenai vaksinasi turut berlaku untuk calon penumpang pengguna sistem layanan ini. Dengan adanya hal tersebut peneliti menemukan masalah terkait penumpang yang dinyatakan positif covid-19. Selain kendala vaksinasi, peneliti juga menemukan bahwa sistem layanan Boarding pass tidak berjalan sesuai SOP yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara selama penulis melaksanakan penelitian di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang sehingga diperoleh teknik keabsahan data terhadap penelitian yaitu dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah ditemukan adanya penumpang yang belum vaksin dosis 3 (booster) yang kemudian melakukan test antigen dan dinyatakan positif covid-19 sehingga keberangkatan penumpang ditangguhkan oleh petugas, Mesin pemindai barang bawaan penumpang yaitu Walkthrough Metal Detector dan X-Ray tidak beroperasi sehingga penumpang tidak melakukan pemeriksaan barang bawaan, dan Mesin Check-In mandiri yang salah satunya tidak beroperasi sehingga terjadi kepadatan antrean penumpang yang melaksanakan proses check-in . Upaya yang dilakukan oleh petugas Terminal antara lain dengan memberikan arahan kepada penumpang untuk pengajuan refund atau reschedule tiket, membuat laporan kerusakan alat kepada pihak BUP, dan membuka loket Check-in manual untuk mengurangi antrean calon penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pandemi, Boarding pass, Pelayanan penumpang, tanjung emas.
Subjects: Prosiding
Prosiding > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:06
Last Modified: 05 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item