Identifikasi Pecahnya Windlass Hydraulic Oil Pump Pada MV. DK 02 Guna Kelancaran Pengoperasian Saat Olah Gerak

MIFTAHKUL, HIDAYAT (2023) Identifikasi Pecahnya Windlass Hydraulic Oil Pump Pada MV. DK 02 Guna Kelancaran Pengoperasian Saat Olah Gerak. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217251T_PROSIDING_FULLTEXT)
561911217251T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Pompa windlass memiliki berbagai jenis, misalnya sistem uap memiliki kemampuan yang besar dan terhindar dari bahaya tegangan pendek, namun kapal harus memiliki ketel uap biasanya untuk kapal besar sejenis tanker selain tenaga uap diantaranya adalah pompa hydraulic. Pompa tersebut bekerja dengan memanfaatkan tekanan minyak lumas untuk menggerakkan piston yang dihubungkan dengan poros eksentris penggerak mesin jangkar sehingga dapat menarik atau mengulur jangkar Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,yaitu dengan memaparkan serta menggambarkan objek yang akan diteliti, dan dalam teknik identifikasi masalah menggunakan metode shel dan fishbone analysis sebagai teknik analisis data. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Menurut Sugiyono (2015:139) Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode penelitian adalah metode ilmiah untuk memperoleh tujuan tertentu dan informasi yang berguna. Jadi, ketika malakukan penyusunan, peneliti menggunakan metode SHEL dan FISHBONE. Berdasarkan rangkaian penyusunan data penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan penelitian menggunakan teknik analisa data SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware) dan fishbone. Dari pembahasan pada bab sebelumnya, peneliti juga menarik kesimpulan mengenai perumusan masalah yaitu berdasarkan faktor penyebab pecahnya pompa hydraulic windlass, dampak dari faktor penyebab serta upaya pecahnya pompa hydraulic windlass sebagai berikut : 1. Faktor yang menjadi penyebab pecahnya pompa hydraulic windlass di kapal MV.DK 02 pada saat proses olah gerak disebabkan sebagai berikut: a. Pelaksanaan jadwal maintenance yang tidak sesuai b. Pengoperasian tidak sesuai dengan instruction manual book c. Kotornya filter pompa d. Kotornya tangki hydraulic windlass e. Korosi pada blok silinder f. Cuaca buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Windlass, Shel, Fishbone, Olah erak, Hydraulic oil pump
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:56
Last Modified: 05 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item