“Optimalisasi Penggunaan Cargo Reliquefaction Dalam Mengatasi Kenaikan Tekanan dan Temperatur Pada Tangki Muatan di MT. Pertamina Gas 2”

DAFA, PRAMANA (2023) “Optimalisasi Penggunaan Cargo Reliquefaction Dalam Mengatasi Kenaikan Tekanan dan Temperatur Pada Tangki Muatan di MT. Pertamina Gas 2”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217242T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217242T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217242T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217242T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (561911217242T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217242T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABTRAKSI Pramana, Dafa, 561911217242 T, 2023. “Optimalisasi Penggunaan Cargo Reliquefaction Dalam Mengatasi Kenaikan Tekanan dan Temperatur Pada Tangki Muatan di MT. Pertamina Gas 2”. Skripsi. Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Muh. Harliman Saleh, M.Pd., Pembimbing II: Arya Widiatmaja, S.ST.,M.Si. High pressure pada tangki ketika proses pemuatan LPG merupakan hal yang tidak diharapkan oleh gas carriers atau kapal pengangkut gas, sebab menimbulkan resiko berbahaya yakni terjadinya discharging ship atau tekanan balik dari pipa kapal menuju terminal, beresiko tinggi timbulnya ledakan dan kebakaran pada tangk muatan, dan terjadinya safety relief valve atau uap muatan yang terlepas melalui katup keselamatan akibat tekanan dari tangki melampaui tahapan maksimal yang ditetapkan. Penanganan muatan yang benar sangat dibutuhkan agar proses pemuatan bisa berlangsung terkendali dan aman. Seluruh instrumen reliquefaction plant sangat perlu untuk dirawat untuk memastikan agar sistem pengaturan muatan dapat berjalan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari penyebab lambatnya aliran air laut padasaat sistem reliquefication dijalankan dan mengetahui cara perawatan pada instrumen reliquefication agar dapat menanggulangi terjadinya kenaikan tekanan pada tangki serta kenaikan temperatur pada muatan. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode SHEL. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lambatnya aliran air laut pada sistem reliquefaction berjalan, sehingga destilasi pada sistem reliquefaction tidak berjalan secara maksimal dan kurangnya pelaksanaan perawatan yang diberikan pada setiap instrumen reliquefaction yang belum sesuai prosedur. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa cara perawatan pada sistem reliquefication antara lain: melaksanakan perawatan terhadap sea water cooling filter, memastikan line up seawater cooling di aliran yang benar, melaksanakan perawatan berdasar pada instruksi yang ada pada manual book dan SOP perusahaan, serta melakukankoordinasi dengan perusahaan untuk penyusunan jadwal bongkar muat muatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Optimalisasi, Penanganan Muatan, Reliquefaction,Tekanan dan Temperatur
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:06
Last Modified: 05 Oct 2023 03:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item