IFFAT, GANDY NARENDRA (2023) IDENTIFIKASI TERJADINYA KEGAGALAN MEKANISME PEMBALIK PUTARAN MESIN INDUK DI MV. MERATUS SABANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911217223T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217223T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911217223T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217223T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (561911217223T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217223T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (68kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Narendra, Iffat Gandy 2023. 561911217223 T. “Identifikasi Terjadinya Kegagalan Mekanisme Pembalik Putaran Mesin Induk di MV. Meratus Sabang”. Skripsi. Program Studi Teknika. Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Dr. Muh. Harliman Saleh, M. Pd., dan Pembimbing II : Okvita Wahyuni, S.ST., M.M. Mesin induk di MV. Meratus Sabang tidak dapat bergerak pada saat tes mesin olah gerak mundur. Mekanisme pembalik putaran menggunakan prinsip pneumatik untuk mendorong roller guide pada fuelpump gear agar berubah posisi sehingga arah putaran camshaft berubah dan mengatur ulang timing urutan penyalaan,pengkabutan bahan bakar dan pembakaran pada mesin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kegagalan mekanisme pembalik putaran dan upaya untuk mencegah terjadinya kegagalan mekanisme pembalik putaran di MV. Meratus Sabang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SHEL (Software, Hardware, Environment, dan Liveware) yang dipadukan dari hasil penelitian mendapatkan faktor terjadinya kegagalan mekanisme pembalik putaran yaitu kerusakan pada pin roller guide yang diakibatkan oleh Shaft pin for link yang terhambat dalam geraknya maka pneumatic air cylinder akan menopang beban berat dalam gaya dorongnya sehingga pin roller guide mengalami kerusakan saat menerima gaya dorong yang dihasilkan oleh pneumatic air cylinder dan komponen roller guide sudah pernah direkondisi sehingga keadaan tidak prima. Upaya untuk mengantisipasinya yaitu tidak memaksakan penggunaan bushing rekondisi dan penggantian seal pada air cylinder.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : mekanisme pembalik, olah gerak, roller Guide |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 08:10 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 08:10 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5181 |
Actions (login required)
View Item |