WIKO, TRYA ANDIKA (2023) ANALISIS TIDAK OPTIMALNYA KEGIATAN BONGKAR MUATAN CRUDE PALM OIL (CPO) DI MT. GIAT ARMADA 01 PADA SAAT SANDAR DI JETTY BATULICIN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911117082N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117082N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911117082N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117082N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Spreadsheet (561911117082N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117082N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Andika, Wiko Trya, 2023. “Analisis Tidak Optimalnya Kegiatan Bongkar Muatan Crude Palm Oil Di MT. Giat Armada 01 Pada Saat Sandar Di Jetty Batulicin”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: MOH. Zaenal Arifin, S.ST, M.M Pembimbing II: Dr. Darul Prayogo, M.Pd Bongkar muat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di atas kapal baik ketika kapal bersandar di pelabuhan maupun ship to ship. Bongkar muat di kapal tanker adalah suatu proses kegiatan memindahkan muatan cair dari ruang muat/tangki kapal ke tangki timbun suatu terminal ataupun sebaliknya yang berguna untuk kepentingan Bersama. Namun pada saat proses bongkar muat di kapal MT,Giat Armada 01 mengalami ketidakoptimalan sehingga peneliti mencari faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, dan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalisasikan penanganan bongkar muat di kapal MT. Giat Armada 01 agar proses bongkar muat bisa berjalan dengan optimal. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah diskriptif kualitaf dengan pendekatan Fishbone sebagai teknik analisa data. Fishbone berbentuk menyerupai kerangka tulang ikan yang bagiannya menyerupai kepala dan tulang ikan. Fishbone disebut dengan diagram cause and effect Hasil penelitian yang dilakukan, dapat disampaikan bahwa kurang optimalnya penanganan bongkar muat di kapal MT. Giat Armada 01 disebabkan oleh kurang terawatnya alat-alat yang digunakan untuk bongkar muat, rusak dan kurang terawatnya cargo pump, tidak adanya pemanas (heathing) kurangnya penerapan prosedur penanganan bongkar muat, dan panjangnya pipe line shore Jetty Batilicin. Faktor-faktor tersebut berdampak pada kurang optimalnya penanganan bongkar muat pada saat pelaksanaan bogkar muat, jam kerja yang bertambah, rusak dan hilangnya peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan bongkar muat. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan melakukan perawatan dan pengecekan tiap alat-alat yang di gunakan untuk bongkar muat, melakukan perbaikan dan perawatan secara rutin pada cargo pump , melakukan perawatan muatan, bongkar muat dan squezing sesuai prosedur, dan selalu melakukan safety meeting sebelum melakukan bongkar atau muat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : bongkar muat, optimalisasi, Fishbone. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:38 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5162 |
Actions (login required)
View Item |