“PENINGKATAN PELAYANAN KAPAL DAN PENUMPANG KAPAL PT. PELNI DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG”

DIYAH, AYU WARDANI (2023) “PENINGKATAN PELAYANAN KAPAL DAN PENUMPANG KAPAL PT. PELNI DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911337455K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911337455K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911337455K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911337455K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
[img] Pdf (561911337455K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911337455K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (360kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Wardani, Diyah Ayu, NIT: 561911337455 K, 2023, “Akurasi Sandar Kapal Terhadap Penumpang Kapal PT. PELNI di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang” Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Purwantono, S.Psi, M.Pd. Pembimbing II : Capt. Mustamin, M.Pd, Mar. Citra PT.PELNI sebagai salah satu armada penyedia barang dan jasa dalam bentuk pengangkutan penumpang dan cargo telah dipercaya masyarakat selama puluhan tahun sebagai alternatif transportasi jarak jauh. Hal ini menyebabkan seiring berkembangnya zaman, PT. PELNI membuat komitmen untuk terus menciptakan prosedur peningkatan pelayanan kapal dan penumpang untuk menciptakan pengangkutan yang kondusif dan efektif. Dengan mengambil sampel data kapal KM. Kelimutu Dan KM. Lawit yang merupakan armada andalan PELNI yang mendapatkan jadwal sandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang kemudian dapat ditarik suatu konklusi bahwa Upaya peningkatan pelayanan kapal dan penumpang sejatinya belum dapat dioptimalkan dengan baik karena adanya banyak faktor seperti jadwal sandar yang tidak sesuai, proses cleareance in dan out penumpang yang memakan waktu lama, dan faktor lain yang disebabkan oleh kurangnya management baik dari kapal atau penumpang yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pola pendekatan deskriptif dengan menguraikan secara sistematis prosedur peningkatan pelayanan kapal dan penumpang di PT. Pelni di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Perolehan sumber data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan disertai studi Pustaka untuk memperkuat penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kendala yang dihadapi oleh PT.PELNI dalam meningkatkan pelayanan adalah mutu kualitas dipelabuhan yang kurang efisien untuk manajemen pengaturan penumpang agar lebih tertib, tidak memperhitungkan dan memperhatikan jadwal sandar, proses embarkasi dan debarkasi serta ticketing penumpang yang berjalan lama dan tidak tertata, dan juga faktor-faktor eksternal yang terjadi seperti cuaca buruk. Sehingga, diharapkan kedepannya dapat tercipta evaluasi dan sinergitas yang baik antara perusahaan dan penumpang agar tercipta suatu kondisi perjalanan dan image yang baik di masyarakat karena pelayanan yang baik dan tertib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelayanan, Penumpang PT.PELNI, Peningkatan.
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:55
Last Modified: 29 Sep 2023 07:55
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item