ANALISIS KETERLAMBATAN PROSES KLAIM ASURANSI KAPAL DI PT. KARTIKA SAMUDRA ADIJAYA

JASMINE, VALEVE ESSYA FIRSTNANDA (2023) ANALISIS KETERLAMBATAN PROSES KLAIM ASURANSI KAPAL DI PT. KARTIKA SAMUDRA ADIJAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911337439K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911337439K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911337439K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911337439K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911337439K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911337439K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (467kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Firstnanda, Jasmine Valeve Essya. 2023. “Analisis Keterlambatan Proses Klaim Asuransi Kapal di PT. Kartika Samudra Adijaya”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi., M.Pd., Pembimbing II: Moh Zaenal Arifin, S.ST, M.M. Apabila terjadi insiden kecelakaan kapal, perusahaan dapat mengalihkan risiko (transfer of risk) kepada pihak lain dimana pihak lain sebagai penerima risiko dan mampu mengelola risiko tersebut yaitu perusahaan asuransi. Namun pada pelaksanaan proses klaim asuransi dari PT. Kartika Samudra Adijaya kepada perusahaan asuransi terdapat kendala yaitu adanya keterlambatan pada proses klaim asuransi kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan dampak keterlambatan klaim serta bagaimana penggunaan aplikasi “PELAYARAN KSA” sebagai upaya perusahaan untuk memperlancar proses klaim asuransi kapal di PT. Kartika Samudra Adijaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dengan tiga infroman yaitu kepala bagian Legal, supervisor legal, dan sekretaris kepala bagian legal PT. Kartika Samudra Adijaya serta studi dokumentasi pada saat melakukan penelitian di PT. Kartika Samudra Adijaya. Dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, penyebab keterlambatan disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor eksternal yang terdiri dari proses perbaikan kapal yang terhambat dan adanya negosiasi tambahan terhadap nilai klaim. Sedangkan untuk faktor internal terdiri dari keterlambatan pengiriman dokumen dari kantor cabang kepada tim legal dan pengecekan riwayat klaim yang dilakukan secara manual. Sehingga dampak yang ditimbulkan karena keterlambatan antara lain ketidakpuasan pelanggan, reputasi perusahaan menurun, dan adanya biaya tambahan. Aplikasi “PELAYARAN KSA” dapat memperlancar proses klaim dengan cara mengawasi segala proses pengajuan klaim melalui aplikasi tersebut yang memiliki fungsi realtime. Namun perlu diberlakukan evaluasi secara rutin supaya terus meningkatkan performa pada aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aplikasi “PELAYARAN KSA”, Klaim Asuransi Kapal, Keterlambatan
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:21
Last Modified: 29 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item