Penggunaan Aplikasi SIMLALA di PT. Serasi Shipping Indonesia Untuk Penerbitan Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA)

DHIA, ROHADATUL ‘AIS (2023) Penggunaan Aplikasi SIMLALA di PT. Serasi Shipping Indonesia Untuk Penerbitan Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911337434K_PROSIDING_FULLTEXT)
561911337434K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Aplikasi SIMLALA (Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengajukan permohonan pelayanan publik lalu lintas dan angkutan laut secara online, dan memudahkan pemantauan proses permohonan layanan tersebut untuk dapat mewujudkan layanan secara transparan dan standar. Permasalahan yang terjadi di PT. Serasi Shipping Indonesia adalah dalam menggunakan aplikasi SIMLALA mengalami kendala saat proses penerbitan PKKA sehingga mengalami keterhambatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerbitan PKKA menggunakan aplikasi SIMLALA, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh PT. Serasi Shipping Indonesia menggunakan aplikasi SIMLALA terkait penerbitan PKKA serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT. Serasi Shipping Indonesia untuk mengatasi kendala menggunakan aplikasi SIMLALA terkait penerbitan PKKA. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi. Informan yang dilibatkan oleh peneliti didalam penelitian adalah Manager operasional, Staf Divisi Operasional, Kadet Divisi Operasional dan Staf IT PT. Serasi Shipping Indonesia. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerbitan PKKA dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mempersiapkan data dan dokumen, pengisian data dan dokumen, verifikasi, pembayaran invoice dan penerbitan PKKA. Terdapat kendala yaitu faktor internal yang terjadi pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan jaringan internet, pada faktor eksternal terjadi aplikasi SIMLALA mengalami gangguan dan perubahan jadwal kapal. Adapun upaya untuk mengatasi kendala tersebut meliputi faktor internal menyiapkan cadangan internet dan validasi data atau dokumen, sedangkan pada faktor internal diadakan maintenance aplikasi SIMLALA dan monitoring jadwal kedatangan kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Aplikasi SIMLALA, Keagenan Kapal, PKKA
Subjects: Prosiding
Prosiding > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:16
Last Modified: 29 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item