KHALISHA, INTANIA ABYADHA (2023) PENGARUH KONDISI CUACA TERHADAP PERHITUNGAN KLAIM SLOW SPEED & OVER BUNKER PADA KAPAL CHARTER DI PT. PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911317389K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911317389K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911317389K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911317389K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911317389K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911317389K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (73kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Abyadha, Khalisha Intania. 2023, NIT: 561911317389 K, ”Pengaruh Kondisi Cuaca Terhadap Perhitungan Klaim Slow Speed & Over Bunker Pada Kapal Charter di PT. Pertamina International Shipping”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Kristin Anita Indriyani, S.ST., MM., Pembimbing II: Fatimah, S.Pd., M.Pd. Dalam upaya pendistribusian kebutuhan energi hingga ke pelosok Indonesia, penting bagi PT. Pertamina International Shipping untuk melakukan pendistribusian secara tepat waktu. Pendistribusian yang tidak tepat waktu mengakibatkan keterlambatan berlayar dan penggunaan bahan bakar kapal melebihi jumlah yang telah dijaminkan pada kontrak. Kedua hal ini, yaitu keterlambatan pendistribusian akibat waktu pelayaran yang lebih lama dan konsumsi bahan bakar yang melebihi jumlah yang dijaminkan, disebut sebagai kejadian slow speed and over bunker. Kondisi cuaca sangat berpengaruh pada kelancaran kapal saat berlayar. Cuaca yang buruk mengakibatkan kapal berlayar lebih lama dari estimasi yang telah disetujui dalam charter party. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kondisi cuaca terhadap perhitungan klaim slow speed & over bunker pada kapal charter di PT. Pertamina International Shipping. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi (triangulasi) dalam pengumpulan data. Peneliti mengumpulkan data sekaligus menguji keabsahan data dengan mengecek melalui beberapa sumber data seperti melakukan wawancara dengan tiga narasumber yang berbeda. Peneliti melakukan teknis analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kondisi cuaca mempengaruhi perjalanan kapal. Kondisi cuaca yang buruk mengakibatkan kapal berjalan lebih lama yang menyebabkan keterlambatan dan pemakaian bunker melebihi perjanjian. Sehingga PT. Pertamina International Shipping selaku penyewa dapat mengajukan klaim kepada shipowner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pengaruh, cuaca, klaim, slow speed and over bunker |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:59 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5091 |
Actions (login required)
View Item |