“ANALISIS MINYAK PELUMAS YANG TERCAMPUR AIR PADA MESIN DIESEL GENERATOR DI MV.TANTO MANIS ”

M.FIRMANSYAH, ALI MANSYUR (2023) “ANALISIS MINYAK PELUMAS YANG TERCAMPUR AIR PADA MESIN DIESEL GENERATOR DI MV.TANTO MANIS ”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217227T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217227T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217227T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217227T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (561911217227T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217227T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (398kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Mansyur, M.Firmansyah Ali, 2023, NIT: 561911217227 T, “Analisis Minyak Pelumas yang Bercampur Air Pada Mesin Diesel Generator di MV.Tanto Manis” Skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr.F.Pambudi Widiatmaka ,S.T.,M.T Pembimbing II : Retno Hariyanti ,S.Pd,.M.M. Mesin Diesel Generator merupakan suatu pesawat bantu atau permesinan bantu yang berfungsi untuk menghasilkan listrik. Listrik tersebut berguna untuk keperluan diatas kapal seperti sebagai supply listrik untuk lampu-lampu,kontainer reefer, alat-alat navigasi, pompa-pompa dan permesinan lainnya yang membutuhkan listrik untuk beroperasi. Untuk menunjang kinerja mesin diesel generator maka diperlukan sistem pelumasan yang baik. Pada tanggal 27 April 2022, penulis mengamati keadaan dimana saat kapal berlayar menuju Pontianak terjadi emulsifikasi pada minyak pelumas mesin diesel generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab bercampurnya minyak pelumas dengan air, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat bercampurnya minyak pelumas dengan air, serta untuk mengetahui upaya penanggulangan dan pencegahan minyak pelumas bercampur dengan air. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara, teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Shell (Software, Hardware, Environment, dan Liveware). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab bercampurnya minyak pelumas dengan air pada sistem pelumasan mesin diesel generator disebabkan oleh adanya kerusakan O-ring cylinder liner diesel generator, dengan adanya kerusakan tersebut maka berdampak lolosnya air pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan liner jatuh kedalam carter sehingga minyak pelumas mengalami emulsifikasi dengan air pendingin dimana hal tersebut mengakibatkan rusaknya komponen mesin diesel generator yang lainnya. Upaya penanggulangan bercampurnya minyak pelumas dengan air yaitu dengan melakukan perawatan sesuai dengan plan maintenance system, mengoperasikan mesin diesel generator secara bergantian dan sesuai dengan manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Mesin Diesel Generator, Minyak Pelumas, Air Pendingin, Sistem Pelumasan, Emulsifikasi
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:18
Last Modified: 29 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item