PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN LO COOLER TUBE MAIN ENGINE

ERPIAN, AWALUDIN NURHIDAYAT (2023) PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN LO COOLER TUBE MAIN ENGINE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811226676T_PROSIDING_FULLTEXT)
551811226676T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Kebocoran pada tube LO cooler pada main engine kapal adalah hal yang sering terjadi dan juga mempunyai dampak yang cukup besar pada performa kapal. Penelitian ini merupakan analisis penyebab bocornya tube LO cooler pada main engine kapal MV SPIL RENATA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SHEL (Systematic Human and Engineering Investigation) dan Fishbone (Ishikawa diagram). Tujuan dari penelitian ini adalah mencari faktor penyebab bocornya tube LO cooler pada main engine MV SPIL RENATA menggunakan metode SHEL dan Fishbone. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi keselamatan kerja dan keselamatan operasional serta mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi keselamatan kerja dan keselamatan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan air, kurangnya pemahaman crew dan kelalaian pengecekan adalah faktor utama dari bocornya tube LO cooler pada main engine kapal MV SPIL RENATA. Tekanan LO yang tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan bocornya tube LO cooler pada main engine kapal MV SPIL RENATA. Kurangnya pemahaman crew terhadap cara kerja dan perawatan tube LO cooler juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan bocornya tube LO cooler pada main engine kapal MV SPIL RENATA. Kelalaian dalam melakukan pengecekan dan perawatan tube LO cooler juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan bocornya tube LO cooler pada main engine kapal MV SPIL RENATA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SHEL, Fishbone, Tube LO Cooler
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:28
Last Modified: 25 Sep 2023 02:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item