IDENTIFIKASIKEGAGALANSISTEMPENDINGINPADAMOTOR BANTUMV.TEMBAGASEADENGANMETODEHAZOP

HAKIM, AL MAJID (2023) IDENTIFIKASIKEGAGALANSISTEMPENDINGINPADAMOTOR BANTUMV.TEMBAGASEADENGANMETODEHAZOP. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216643T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216643T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216643T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216643T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (551811216643T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216643T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Majid, Hakim Al. 2023. “Identifikasi Kegagalan Sistem Pendingin Pada Motor Bantu MV. Tembaga Sea dengan Metode Hazop”, Program StudiDiploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Heri Sularno, M.H., M.Mar.E. Pembimbing II: Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar. Sistem pendingin adalah sekumpulan komponen atau media tambahan pada mesin yang berguna untuk mencegah terjadinya overheat dan menjaga agar mesin dapat dapat beroperasi dengan maksimal. Tujuan dari system pendingin mesin adalah untuk menjaga agar mesin tetap bekerja pada suhu tertentu setelah mesin di hidupkan dan untuk menjaga mesin agar tetap pada suhu operasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif karena informasi yang diperoleh akan disajikan secara deskriptif. Digunakan teknik analisis data metode Hazop, bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya pada kegagalan sistem air pendingin atau proses operasional yang dapat menyebabkan resiko kerugian terhadap perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kegagalan sistem pendingin adalah kotor pada strainer sea chest dan plate cooler, serta tidak berfungsinya pompa air tawar motor bantu. Kerusakan komponen pompa air tawar berdampak pada tidak berputarnya impeller sehingga media pendingin tidak bersirkulasi dengan maksimal. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan penggantian sparepart pompa air tawar sesuai dengan manual book serta melakukan plan maintenance system secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Identifikasi, Sistem Pendingin, Motor Bantu, Hazop, Kapal
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:06
Last Modified: 25 Sep 2023 02:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item