MUHAMMAD, FARHAN (2023) ANALISIS NAVIGASI KAPAL MV PACIFIC BULK PADA KONDISI CUACA EKSTREM DI PERAIRAN LAUT CHINA SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911137203K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911137203K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911137203K_SKRIPSI_OPEN _ACCESS)
561911137203K_SKRIPSI_OPEN _ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (561911137203K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911137203K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (543kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Farhan, Muhammad. 561911137203. “Analisis Navigasi Kapal MV Pacific Bulk Pada Kondisi Cuaca Ekstrem di Perairan Laut China Selatan”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar., Pembimbing II: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum. Kondisi cuaca ekstrem merupakan penyebab umum kecelakaan kapal, terutama dalam lalu lintas pelayaran di perairan Laut China Selatan. Perairan ini sering mengalami badai tropis, gelombang tinggi, angin kencang bahkan terjadinya typhoon yang dapat menyebabkan bahaya navigasi, kerusakan pada kapal serta muatan dan keselamatan jiwa manusia. Kondisi cuaca sangat sulit ditentukan meskipun dapat diprediksi dan dibaca dari pergerakan awan, tekanan udara, kecepatan angin, arus dan pasang surut. Cuaca ekstrem masih menjadi momok mengerikan bagi para pelaut ketika melakukan pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejadian pada kapal MV Pacific Bulk ketika berlayar pada kondisi cuaca ekstrem di perairan Laut China Selatan dan untuk memahami tindakan yang tepat yang diambil oleh perwira jaga ketika bernavigasi dalam kondisi cuaca ekstrem. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis memperoleh data dari hasil observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Dalam skripsi ini, penulis penganalisan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis menganalis bahwa cuaca ekstrem menyebabkan gangguan pada stabilitas dan navigasi kapal ketika melakukan pelayaran di perairan Laut China Selatan. Sehingga Nakhoda mengambil tindakan untuk membawa kapal menjauh dari pusat cuaca ekstrem. Berdasarkan temuan dan hasil analisis yang dilakukan penulis ditemukan beberapa kejadian pada kapal MV Pacific Bulk pada saat bernavigasi dalam kondisi cuaca ekstrem yaitu liferaft di haluan yang terlepas dari tempatnya, hatch cleat kendor akibat dari guncangan kapal yang hebat karena tidak ada persiapan dari kru kapal untuk menghadapi cuaca ekstrem. Strategi perwira Nakhoda kapal MV Pacific Bulk saat bernavigasi dalam kondisi cuaca ekstrem dengan mengubah haluan kapal untuk menghindari kapal dari pusat typhoon.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: cuaca ekstrem, bahaya navigasi, Laut China Selatan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 06:51 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 06:51 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4980 |
Actions (login required)
View Item |