UPAYA PENINGKATAN PENCEGAHAN TERJADINYA MAN OVERBOARD GUNA KESELAMATAN PENUMPANG DI KM. DOROLONDA

GRACE, PUTRI NARWASTU (2023) UPAYA PENINGKATAN PENCEGAHAN TERJADINYA MAN OVERBOARD GUNA KESELAMATAN PENUMPANG DI KM. DOROLONDA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911117072N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117072N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911117072N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117072N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
[img] Pdf (561911117072N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117072N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (128kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Narwastu, Grace Putri, 2023. “Upaya Peningkatan Pencegahan terjadinya Man Overboard Guna Keselamatan Penumpang Di KM. Dorolonda”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar., Pembimbing II : Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Terjadinya Man Overboard merupakan salah satu kecelakaan yang kerap kali terjadi di atas kapal penumpang. Hal ini berdampak pada kerugian yang dialami pihak kapal, perusahaan, maupun korban itu sendiri. Diperlukan adanya perhatian khusus mengenai kasus kecelakaan Man Overboard. Sehingga pada kasus ini harus diadakan upaya peningkatan pencegahan agar tidak terjadi. Pada penelitian ini penulis merumuskan masalah penelitian faktor apakah yang menyebabkan terjadinya Man Overboard di KM. Dorolonda?, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan pencegahan terjadinya Man Overboard di KM. Dorolonda?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus instrumental, teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara serta dokumentasi mengenai upaya peningkatan pencegahan terjadinya Man Overboard. Tempat dilaksanakannya penelitian berada di KM. Dorolonda. Penelitian dilakukan saat sedang melaksanakan praktek laut yang berlangsung selama 12 bulan di KM. Dorolonda. Wawancara melibatkan tiga narasumber yaitu Nakhoda, Chief Officer, dan Third Officer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diagram fishbone. Penyebab terjadinya Man Overboard di kapal penumpang KM. Dorolonda yaitu penumpang yang merupakan korban jatuh ke laut memiliki gangguan kejiwaan. Selain itu, telah dilakukan upaya pencegahan terjadinya Man Overboard tetapi dalam pelaksanaannya belum dilakukan secara maksimal. Pembahasan terhadap hasil pengamatan adalah meningkatkan upaya pencegahan terjadinya Man Overboard di KM. Dorolonda sehingga hal itu dapat pula meningkatkan keselamatan penumpang di KM. Dorolonda. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya kecelakaan Man Overboard pada penumpang di KM. Dorolonda merupakan hal yang merugikan bagi pihak kapal, perusahaan, serta korban itu sendiri. Kerugian yang dialami yaitu waktu, bahan bakar yang digunakan dalam proses penyelamatan korban, serta trauma yang dialami oleh korban. Adapun saran penulis adalah seluruh kru kapal meningkatkan pengawasan terhadap lingkungan kapal, menambahkan sesi safety induction kepada penumpang kapal, serta melaksanakan patroli keliling area deck yang dapat diakses langsung oleh penumpang, kepada seluruh penumpang diharuskan mengikuti instruksi keselamatan di atas kapal, test kejiwaan dapat terapkan kepada penumpang sehingga upaya pencegahan terjadinya Man Overboard dapat berjalan secara efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kapal penumpang, keselamatan, Man Overboard, pencegahan.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:56
Last Modified: 22 Sep 2023 02:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item