DEDE, RIKASARI (2023) OPTIMALISASI PERMIT TO WORK GUNA MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI KAPAL MT. PAPANDAYAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911117044N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117044N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911117044N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117044N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (10MB) |
|
Pdf (561911117044N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117044N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI .pdf Download (253kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rikasari, Dede, NIT. 561911117044 N, 2023, “Optimalisasi Permit to Work Guna Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja Di Kapal MT. Papandayan”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar., Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi, M.AP. Permit to Work merupakan sistem tertulis formal yang berisi prosedur, identifikasi serta perizinan yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dinilai memiliki risiko bahaya. Dengan tidak optimalnya Permit to Work maka akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak dari tidak optimalnya penerapan Permit to Work serta upaya agar permit to work dapat berjalan optimal sehingga mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini ialah metode kualitatif dengan pola deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi selama peneliti melaksanakan praktik laut di kapal MT. Papandayan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi data yang didukung pula dengan fishbone analysis. Pengujian keabsahaan data dengan menggunakan metode tringulasi. Kurangnya pengetahuan kru tentang permit to work, kurangnya kesadaran dan kepedulian kru terhadap keselamatan serta kurangnya pengawasan dan koordinasi antar kru dan management menjadi penyebab mengapa permit to work tidak dapat berjalan dengan optimal. Dampak tidak optimalnya permit to work ialah kecelakaan kerja yang mana tidak hanya menimbulkan kerugian fisik namun juga kerugian material. Upaya yang dapat dilakukan guna mengoptimalkan hal ini ialah dengan memberikan motivasi terkait dengan keselamatan, pelatihan dan kompetensi, serta meningkatkan pengawasan dan koordinasi antar kru dan management di atas kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimal, Permit to Work, Kecelakaan Kerja. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:58 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:58 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4953 |
Actions (login required)
View Item |