Analisis Gagalnya Start Pada Mesin Induk Di Kapal MT. Minas

RIZA, INDRIAWAN (2023) Analisis Gagalnya Start Pada Mesin Induk Di Kapal MT. Minas. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236962T_PROSIDING_FULLTEXT)
551811236962T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi – Tujuan dari sistem bahan bakar adalah untuk mentransfer bahan bakar dari tangki penyimpanan ke mesin utama dimana terdapat urutan dalam proses sebelum terjadinya bahan bakar yaitu melalui tangki penyimpanan bahan bakar kemudian bahan bakar dipanaskan ke dalam settling tank dan sebelum masuk kedalam daily service tank bahan bakar akan melalui purifier guna memisahkan dengan air ataupun kotoran kemudian bahan bakar akan di transfer ke main engine menggunakan boster pump (pompa bertekanan tinggi) dan bahan bakar akan di pompa oleh fuel injection pump sesuai rack yang sudah ditentukan dan akan terjadi proses pengabutan /penyemprotan bahan bakar oleh injector menuju ke tiap-tiap ruang silinder main engine. Selanjutnya pada sistem udara yang merupakan suatu sistem yang digunakan untuk menjalankan mesin induk, dimana udara bertekanan dari bejana udara yang memiliki tekanan sebesar 30 Bar disupply menuju mesin induk melalui distributor valve yang kemudian oleh distributor valve di bagi ke tiap silinder melalui starting air valve sesuai dengan firing order. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penyampaian masalah adalah metode SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) untuk mengidentifikasi masalah yang diteliti tentang gagalnya start mesin induk. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah kegagalan start mesin induk yang diakibatkan oleh sistem bahan bakar dan sistem udara. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kegagalan start mesin induk adalah melalui perawatan pada sistem bahan bakar dan sistem udara, dengan melakukan pengecekan dari sistem bahan bakar dan sistem udara, kemudian dilakukan perawatan secara rutin pada kedua sistem tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegagalan start mesin induk MT.Minas yang disebabkan oleh sistem bahan bakar dan sistem udara yang akan berdampak pada offhire atau offcharter karena kapal tidak beroperasi. Saran agar tidak terjadi kegagalan start mesin induk adalah melakukan pengecekan seluruh sistem bahan bakar dan sistem udara secara rutin, sesuai dengan jadwal pada Planned MaintenanceSystem (PMS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fuel oil system, Air system,Planned maintenance system
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:23
Last Modified: 21 Sep 2023 08:23
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item