IDENTIFIKASI TINGGINYA SUHU GAS BUANG PADA MAIN ENGINE DI MT. SAMBU

MUHAMAD, MUSA RAMANDHA (2023) IDENTIFIKASI TINGGINYA SUHU GAS BUANG PADA MAIN ENGINE DI MT. SAMBU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236894T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236894T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236894T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236894T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811236894T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236894T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (206kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhamad Musa Ramandha, NIT: 551811236894 T, 2023, “Identifikasi Tingginya Suhu Gas Buang Pada Main Engine di MT. Sambu”. Skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Darul Prayogo, M.Pd., Pembimbing II : Kresno Yuntoro, S.ST., M.M. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor penyebab suhu gas buang yang tinggi pada main engine di kapal MT. Sambu. (2) untuk mengetahui usaha yang dapat dilakukan untuk megurangi tingginya suhu gas buang pada main engine di MT. Sambu. Kerangka penelitian dibuat guna mempermudah pembahasan laporan penelitian. Pembahasan dalam penelitian adalah mengenai tidak maksimumnya fungsi intercooler pada main engine di MT. Sambu. Pada penelitian ini metodologi digunakan sebagai sumber data. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta studi pustaka. Proses analisis berdasarkan metode SHEL. Data dianalisis melalui beberapa langkah seperti; Liveware-Software, LivewareHardware, Liveware- Environment, Liveware-Liveware Hasil menunjukkan plan maintenance system tidak sesuai dengan instruction manual book, tidak berfungsinya turbocharger secara maksimal dan tidak berfungsinya sisi air laut sistem pendinginan intercooler. Melalui hasil pengamatan peneliti menemukan fakta perawatan yang kurang menyesuaikan plan maintenance system. Dapat disimpulkan bahwa crew harus melaksanakan PMS dengan baik serta benar disesuaikan dengan buku panduan instruksi, membuka kran-kran air laut dengan penuh sehingga penyerapan suhu panas terlaksana secara optimal, dan melakukan pergantian crew sesuai kualifikasi dengan jabatan yang di emban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Suhu gas buang, main engine
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:13
Last Modified: 21 Sep 2023 07:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item