RANDI, SALAVICHAY (2023) OPTIMALISASI KINERJA BOSCH PUMP PADA MAIN ENGINE DI MT. KURAU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236919T_PROSIDING_FULLTEXT)
551811236919T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak- Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penurunan tekanan Bosch Pump pada Main engine, Bosch Pump adalah bagian yang paling penting dari mesin disel yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke Nozzle Injector, menentukan jumlah bahan bakar yang di injeksikan serta menentukan timing injeksi nya, injeksi bahan bakar di lakukan dengan bantuan cam dan camchaft, untuk alasan ini ada kebutuhan dari sistem pasokan bahan bakar di ukur dan memonitor bahan bakar kedalam rung bakar. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak optimalnya kerja bosch pump, dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya bosch pump Main engine, dan upaya cara mengoptimalkan kerja bosch pump pada Main engine di MT. Kurau. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor- faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja bosch pump Main Engine adalah disebabkan oleh kurang telitinya saat pengecekan dan perawatan, gangguan yang terjadi meliputi lecetnya plunger bosch pump dan bahan bakar kotor. Kedua, dampak yang di timbulkan karena gangguan pada Bosch pump mengakibatkan jumlah bahan bakar tidak dapat semuanya di tekan ke injektor karena bahan bakar lolos melewati celah goresan plunger dan akan terjadi kekosongan bahan bakar pada pipa tekan. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk menanggulangi tidak optimalnya kerja bosch pump main engine adalah perawatan dan perbaikan terhadap bosch pump sesuai jadwal, penyediaan suku cadang sesuai kebutuhan dari perawatan dan kerusakan, serta ke mengembalikan pengaturan. Saran dari penelitian ini adalah melakukan perawatan berkala secara rutin, pemahaman terhadap pengoperasian bosch pump main engine secara baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, Main Engine, bosch pump. |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:38 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:38 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4909 |
Actions (login required)
View Item |