MUHAMMAD, ALIEF YULIYANTO (2023) OPTIMALISASI PERAWATAN COOLING SYSTEM TERHADAP KERJA MESIN DIESEL GENERATOR DI KAPAL MT. MUNDU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236915T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236915T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811236915T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236915T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811236915T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236915T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAKSI MUHAMMAD ALIEF YULIYANTO, 2023, NIT: 551811236915 T, “Optimalisasi Perawatan Cooling System Terhadap Kerja Mesin Diesel Generator Di kapal MT. Mundu”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Heri Sularno, M.H, M.Mar.E, Pembimbing II: Febria Surjaman, MT, M.Mar.E. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya perawatan pada Cooling System terhadap kerja mesin diesel generator, Cooling Syatem merupakan bagian yang paling penting dari mesin disel yang berfungsi untuk mengatasi terjadinya overheating pada mesin agar tetap bekerja secara optimal, prinsip kerja dari cooling system ialah sirkulasi air pendingin dimulai dari radiator kemudian air ditekan oleh pompa air dan dikirim kekantong-kantong (water jacket) pada silinder mesin. Pengaruh perawatan pada Cooling System sendiri dapat mengakibatkan menurunnya daya kerja dari mesin, maka perawatan berfungsi untuk mengawasi serta menjaga komponen Cooling System supaya kinerja mesin desel dapat berkerja secara optimal dengan air yang disirkulasikan secara terus menurus pada system dengan nilai suhu yang di ijinkan guna mendinginkan dan menjegah terjadinya pemuaian, overheating serta menjegah kerusakan logam. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fishbone untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak optimalnya perawatan pada Cooling System, dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya perawatan Cooling System motor diesel generator, dan upaya cara mengoptimalkan perawatan Cooling System motor diesel generator di MT. Mundu. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti adalah faktorfaktor yang menyebabkan tidak optimalnya perawatan cooling system motor diesel generator adalah disebabkan terlambatnya dalam melakukan jadwal perawatan dan pengecekan, dampak yang terjadi meliputi intercooler serta tube cooler kotor terdapat kerak-kerak sehingga menghambat sirkulasi pendinginan. Kedua, dampak yang di timbulkan karena gangguan pada Cooling System mengakibatkan mesin diesel generator tidak bekerja secara baik Saran dari penelitian ini adalah melakukan perawatan berkala secara rutin dengan sesuai plan maintenance system serta pemahaman terhadap perawatan cooling system mesin diesel generator secara baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Optimalisasi, mesin diesel generator, cooling system, perawatan. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:18 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:18 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4906 |
Actions (login required)
View Item |