BAGUS, KURNIAWAN (2023) IDENTIFIKASI MENURUNNYA KINERJA PURIFIER TERHADAP PROSES FUEL OIL DISCHARGE MENUJU SERVICE TANK DENGAN METODE HAZOP DI MV.CERDAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236882T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236882T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811236882T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236882T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811236882T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236882T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (366kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Kurniawan, Bagus. 2023. 551811236882 T, ”Identifikasi Menurunnya Kinerja Purifier Terhadap Proses Fuel Oil Discharge Menuju Service Tank Dengan Metode Hazop di MV. Cerdas”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Heri Sularno. M.H., M.Mar.E, Pembimbing II: Pritha Kurniasih.M.Sc. Purifier FO merupakan pesawat bantu yang berfungsi untuk memisahkan antara minyak, air dan kotoran lumpur. Pengoperasian purifier membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil bahan bakar yang maksimal. Dalam mengatasi masalah tersebut, saat pengoperasian purifier perlu dilakukan pengecekan setiap waktu dan melakukan perawatan yang rutin. Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi proses fuel oil discharge pada purifier dan dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengumpulkan prosedur keabsahan data, teknik pengumpulan data seperti wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui dengan menggunakan metode hazop, yaitu mengidentifikasi beberapa komponen purifier yang dapat berpengaruh terhadap proses fuel oil discharge menuju service tank dan melakukan identifikasi risiko bahaya pada komponen purifier tersebut. Kesimpulan dari hasil peneitian ini, antara lain terdapat beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya kinerja purifier yaitu gravity disc yang tidak sesuai ukuran, temperatur bahan bakar tidak normal, disc bowl terlalu kotor, friction clutch menipis. Saran peneliti, saat pengoperasian purifier perlu dilakukan pengecekan pada temperatur bahan bakar agar bahan bakar dapat dilakukan pemisahan dalam purifier dan mencegah terjadinya overflow, serta perlu dilakukan perawatan secara rutin agar dapat mengetahui bagian-bagian komponen yang sudah tidak dapat digunakan lagi dan membersihkan kotoran lumpur dari sisa pemisahan bahan bakar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Purifier, fuel oil discharge, PMS (Planned Maintenance System). |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 02:00 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4859 |
Actions (login required)
View Item |