WAHYU, TRI PAMUNGKAS (2023) ANALISIS TERJADINYA KERUSAKAN CRANKPIN PADA CRANKSHAFT UNTUK MENUNJANG KELANCARAN GENERATOR MT. RHONE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811226704T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226704T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811226704T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226704T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811226704T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226704T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (427kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pamungkas, Wahyu Tri, 2023, NIT: 551811226705 T, “Analisis Terjadinya Kerusakan Crankpin Pada Crankshaft Untuk Menunjang Kelancaran Generator MT. Rhone”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayogo, M.Pd, Pembimbing II: Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penurunan kinerja pada mesin generator yang di sebabkan crankpin yang rusak sehingga menyebabkan suara dentuman yang keras atau disebut dengan knocking, crankpin adalah bagian yang terdapat didalam carter dan bagian penting dari sebuah connecting rod yang berfungsi sebagai lapisan atau bantalan dari gerakan bertekanan piston. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan metode SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak normalnya kinerja dari crankpin pada crankshaft di mesin diesel generator, dampak yang ditimbulkan dari tidak normalnya kinerja dari crankpin pada crankshaft di mesin diesel generator di MT. Rhone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor penyebab rusaknya crankpin dapat mengalami beberapa gangguan dikarenakan putaran rpm pada mesin diesel generator yang tidak normal serta terjadi perbedaan pada ukuran crankshaft. Pengaruh kerusakan yang terjadi pada crankpin supaya crankpin dapat bekerja maksimal, maka dibutuhkan solusi maupun strategi antara lain dengan dilakukan pengoptimalan pada perawatan terhadap komponennya secara berkala sesuai running hours, juga pergantian minyak lumas secara rutin dan di lakukan pengontrolan setiap jam jaga supaya minyak lumas tidak berkurang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kerusakan, Motor Diesel Generator, Crankpin dan Crankshaft. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 01:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 01:46 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4857 |
Actions (login required)
View Item |