ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR SAAT MARINE OPERATIONRIG DI AHTS LOGINDO DESTINY

RONODIPURO, AKBAR ABDULLAH QOSIM (2023) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR SAAT MARINE OPERATIONRIG DI AHTS LOGINDO DESTINY. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236902T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236902T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236902T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236902T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811236902T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236902T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (45kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Akbar Abdullah Qosim Ronodipuro, NIT. 551811236902. T, 2023 “Analisis Konsumsi Bahan Bakar Saat Marine Operation Rig di AHTS Logindo Destiny”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. A Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E dan Pembimbing II. Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd Mempertimbangkan pengaruh kecepatan aliran pada konsumsi bahan bakar, menetapkan model hubungan antara konsumsi bahan bakar dan kecepatan mesin utama dengan menggunakan data yang diukur dan mempelajari optimalisasi kapal (Zhu et al., 2018). Efisiensi kapal yang lebih baik juga dapat diverifikasi dengan pengurangan konsumsi bahan bakar, sehingga mengurangi biaya operasional (Wang et al., 2021). Untuk menganalisis dampak yang terjadi akibat faktor penyebab kurang optimalnya konsumsi bahan bakar saat marine operation rig. Untuk menganalisis upaya optimalisasi konsumsi bahan bakar saat marine operation rig. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan setelah melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada ketika menganalisa konsumsi bahan bakar saat marine operation rig di AHTS Logindo Destiny. Penulis menemukan adanya perbedaan laporan jumlah pemakaian bahan bakar pada Daily Report dan laporan jumlah pemakaian bahan bakar pada ROB di AHTS Logindo Destiny pada perusahaan pemilik kapal dan perusahaan pen-charter yang mana seharusnya laporan satu dengan laporan yang lain harus sama dan sesuai dengan real nya di lapangan. Hal tersebut berarti bahwa jika kecepatan suatu kapal itu berjalan dengan stabil dan optimal maka jumlah konsumsi bahan bakar tidak akan berubah secara signifikan. Kondisi cuaca ekstrem Bow Thruster dengan beban sangat berat sering mengalami trip dan hal tersebut akan mempengaruhi grafik konsumsi bahan bakar yang dikirim oleh sensor Engine Control Module yang terhubung dengan laporan Daily Report. Perbedaan laporan konsumsi bahan bakar saat marine operation rig menyebabkan perusahaan penyedia kapal mendapatkan sanki back cash dari pihak penyewa kapal dan mengakibatkan pemotongan gaji pada crew kapal tersebut. Marine operation rig dilakukan saat kapal sudah benar-benar melewati proses inspection yang ketat dan sesuai prosedur. Apabila terjadi cuaca ekstrem saat marine operation rig sebaiknya Electrician lebih memperhatikan daya pada Bow Thruster guna menghindari terjadinya short circuit. Perjanjian toleransi selisih perbedaan konsumsi bahan bakar antara daily report dan remaining onboard yang disetujui oleh perusahaan penyedia kapal dengan perusahaan penyewa kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bahan Bakar, Marine Operation Rig, Daily Report, Remaining OnBoard, SWOT
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:08
Last Modified: 13 Apr 2023 07:08
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item