ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN JACKET COOLING MAIN ENGINE DI MT. KLASOGUN

BANU, PRADIPTA (2023) ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN JACKET COOLING MAIN ENGINE DI MT. KLASOGUN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236929T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236929T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236929T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236929T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811236929T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236929T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pradipta, Banu, 2023, 551811236929 T, “Analisis Penyebab Kebocoran Jacket cooling Main Engine di MT. Klasogun”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E., Pembimbing II: Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom, M.Si. Jacket cooling main engine adalah komponen pendingin antara dinding silinder dan kepala atau blok silinder. Fluida pendingin mengalir ke area ini, diambilnya panas dari dinding silinder selanjutnya tetap bersirkulasi. Penelitian ini diambil karena adanya kebocoran terhadap jacket cooling main engine yang mengharuskan kapal untuk berhenti dan melakukan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apa saja faktor penyebab, dampak apa saja yang terjadi serta upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran jacket cooling main engine. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data SHEL dan Fishbone. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kebocoran jacket cooling main engine yaitu kurang diperhatikanya planned maintenance system (PMS) pada main engine, kerusakan o-ring jacket cooling main engine, korosi pada jacket cooling, berkaratnya tangki exspansi, suhu preheating air yang rendah, kurangnya perawatan sistem pendingin main engine. Tidak maksimalnya kinerja pendinginan main engine ditimbulkan karena terjadinya kerusakan komponen jacket cooling main engine (o-ring jacket cooling), terjadi kebocoran pada jacket cooling main engine, sirkulasi pendinginan main engine tidak maksimal, merusak kualitas air pendingin jacket cooling untuk pendingin main engine, tidak stabilnya temperature exhaust gas main engine, Naiknya temperatur gas buang namun belum sampai terjadi (shutdown) main engine,. Untuk mengatasi kebocoran jacket cooling main engine yaitu melaksanakan pemeliharaan dan perawatan atau planned maintenance system sesuai interval waktu dalam manual book, mengganti o-ring baru, penggantian jacket cooling baru, pemberian chemical sesuai dosis dan pengetesan kadar pH air, rutin melakukan pengecekan temperatur air pendingin, melakukan pengarahan mengenai perawatan dan perbaikan main engine sesuai manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Kebocoran, Jacket cooling, MT. Klasogun
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:04
Last Modified: 06 Apr 2023 07:04
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item View Item