TURUNNYA RPM TURBOCHARGER BERPENGARUH TERHADAP PENGOPERASIAN MESIN INDUK DI MV. TELUK BERAU

AGUNG, SETIAWAN (2023) TURUNNYA RPM TURBOCHARGER BERPENGARUH TERHADAP PENGOPERASIAN MESIN INDUK DI MV. TELUK BERAU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811226663T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226663T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811226663T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226663T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811226663T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226663T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (218kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Agung Setiawan, 2023, NIT: 551811226663 T, “Turunnya RPM Turbocharger Berpengaruh Terhadap Pengoperasian Mesin Induk di MV. Teluk Berau”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Rahyono SP.1,MM,M.Mar.E Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST, M.M. Turunnya RPM pada turbocharger mesin induk merupakan suatu permasalahan yang disebabkan karena rusaknya ball bearing, pembakaran tidak sempurna dan perawatan yang tidak sesuai dengan manual book. Turunnya RPM turbocharger dapat mengganggu proses pembakaran pada ruang bakar yang akan menyebabkan tidak maksimalnya daya yang dikeluarkan oleh mesin induk sehingga dapat menyebabkan terhambatnya operasional kapal karena mesin induk tidak bekerja dengan maksimal. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode SHEL yaitu Software, Hardware, Environment, Liveware. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subjek yang berhubungan dengan faktor-faktor, dampak, dan upaya mengenai turunnya RPM turbocharger mesin induk. Penyebab turunnya RPM turbocharger pada mesin induk di MV. Teluk Berau yaitu rusaknya ball bearing pada turbocharger, pembakaran yang tidak sempurna, dan perawatan yang tidak sesuai dengan manual book. Dampak yang terjadi jika RPM turbocharger mengalami penurunan adalah turbocharger akan mengalami surging karena kompresor tidak mampu mendorong udara bertekanan sehingga memungkinkan udara di scaving air membalik arah melawan sudu-sudu blower dan daya yang dikeluarkan mesin induk tidak maksimal. Adapun upaya untuk mengatasi turunnya RPM turbocharger pada mesin induk adalah dengan melakukan perawatan, perbaikan, pembersihan dan penggantian suku cadang pada komponen yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: turbocharger, SHEL, mesin induk.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:43
Last Modified: 06 Apr 2023 06:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item