ALIYANSA, RIO NIZAR (2023) OPTIMALISASI PROSEDUR MEMASUKI PUMP ROOM GUNA MENGURANGI TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI MT B.SUN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136846N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136846N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136846N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136846N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811136846N_SURAT PERYATAAN PUBLIKASI)
551811136846N_SURAT PERYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (370kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Aliyansa, Rio Nizar, 551811136846 N, 2022, “Optimalisasi prosedur memasuki pump room guna mengurangi terjadinya kecelakaan kerja di MT B.SUN”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si.,M.Mar Pembimbing II: Awel Suryadi,S.ST.,M.Si Pump room adalah ruang terbatas yang tidak terdapat ventilasi secara terus menerus sehingga udara yang terkandung dalam ruang tersebut berbahaya bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena terdapat gas hydrocarbon, gas beracun, dan kurangnya kadar oksigen yang dikandung dalam ruangan tersebut. Kapal tanker terdiri dari tangki-tangki yang digunakan untuk menyimpan muatan berupa muatan cair ataupun gas. Seringnya terjadi kecelakaan kerja di dalam pump room dikarenakan tidak mematuhi prosedur yang ada dan kurang pahamnya tentang prosedur tersebut. Demikian peneliti menarik sebuah rumusan masalah yaitu mengapa banyak terjadi kecelakaan kerja di pump room dan bagaimana cara mengoptimalkan prosedur memasuki pump room kepada crew di MT B.SUN untuk mengurangi kecelakaan kerja. Dengan demikian peneliti tertarik mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam judul " OPTIMALISASI PROSEDUR MEMASUKI PUMP ROOM GUNA MENGURANGI TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI MT B.SUN” Metode penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap beberapa crew di kapal MT. B.SUN, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyebab kecelakaan kerja yang terjadi di dalam pump room karena kurangnya perhatian pada alat keselamatan yang akan digunakan untuk bekerja di ruang tertutup sehingga crew tidak dapat bekerja dengan sebaiknya dan kurangnya persiapan dan pengawasan pada saat bekerja di dalam ruang tertutup kepada officer. Kurang baiknya kondisi gas detector kurang perawatan/pemeliharaan ketika digunakan deck crew atau pada saat bekerja juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Penerapan Standard Operasional Prosedur (SOP) yang kurang benar dan tepat. Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut adalah sering melalukan tool box meeting sebelum melalukan sebuah pekerjaan dan selesai pekerjaan melalukan sebuah evaluasi pekerjaan. Mualim 1 sebagai safety officer bertanggung jawab atas pelaksanaan tool box meeting dan diawasi oleh nakhoda. Pada waktu crew bekerja di dalam pump room mualim 1 wajib mengawasi dan mengingatkan jika terjadi sesuatu yang kurang benar. Setiap kegiatan di enclosed space harus sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang telah di terapkan oleh perushaan atau yang telah disesuaikan dengan regulasi yang didalamnya mencakup Enclosed Space Entry Permit sehingga harus ditingkatkan lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pump Room, Prosedur, Optimalisai Keselamatan Kerja |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:32 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4745 |
Actions (login required)
View Item |