PENGARUH TEKNIK OLAH GERAK KAPAL DAN CUACA TERHADAP POSISI SANDAR KAPAL DENGAN KONDISI PERAIRAN ES DI SEKITARNYA

PUTRA, BAMBANG DANANG JAYA TRIANA (2023) PENGARUH TEKNIK OLAH GERAK KAPAL DAN CUACA TERHADAP POSISI SANDAR KAPAL DENGAN KONDISI PERAIRAN ES DI SEKITARNYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136784N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136784N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136784N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136784N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (551811136784N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136784N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (204kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Putra, Bambang Danang Jaya Triana, NIT. 551811136784 N, 2023, “Pengaruh Teknik Olah Gerak Kapal dan Cuaca Terhadap Posisi Sandar Kapal dengan Kondisi Perairan Es di Sekitarnya”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar, Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T. Olah gerak kapal merupakan sebuah implementasi kecakapan pelaut dalam membawa kapal dari suatu tempat tolak ke tempat tujuan dengan aman, efektif, dan efisien. Olah gerak kapal pada dasarnya dilakukan pada perairan normal pada umumnya, namun bagaimana dengan olah gerak kapal dengan kondisi perairan es ? Perairan es merupakan sebuah kejadian yang spesial dan sangat jarang diketahui, fenomena yang khusus ini harus dieksekusi dengan khusus juga terutama dalam olah gerak kapal proses sandar maupun lepas sandar. Teknik olah gerak kapal yang digunakan harus sangat diperhatikan dan tetap sesuai dengan ice bound manuvering procedure, selain itu faktor cuaca yang terjadi juga dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya kendala dalam olah gerak kapal. Demikian untuk mencapai posisi sandar dengan kondisi perairan es di sekitarnya, diperlukan keahlian dalam olah gerak kapal dan analisis yang tepat dalam merepresentasikan keadaan cuaca yang sedang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui metode pengumpulan data dengan instrumen penelitian berupa observasi langsung, catatan lapangan, dokumentasi, serta rekaman dan kemudian diolah menjadi angka-angka yang dapat menggambarkan variabel-variabel penelitian ini. Data tersebut digunakan untuk analisis dalam penelitian untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh teknik olah gerak kapal dan cuaca secara parsial serta secara simultan terhadap posisi sandar kapal dengan kondisi perairan es. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknik olah gerak kapal dan cuaca berpengaruh secara signifikan terhadap posisi sandar kapal dengan kondisi perairan es di sekitarnya, teknik olah gerak kapal yang digunakan dan cuaca yang terjadi berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap posisi sandar kapal dengan kondisi perairan es di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Olah gerak kapal, cuaca, posisi sandar kapal, perairan es.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:43
Last Modified: 06 Apr 2023 03:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item