OPTIMALISASI PROSES DISCHARGE PRODUCT OIL JENIS B/30 DI MT. PALUH TABUAN

MOH, MUSTAHILUL A. (2023) OPTIMALISASI PROSES DISCHARGE PRODUCT OIL JENIS B/30 DI MT. PALUH TABUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136794N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136794N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136794N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136794N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811136794N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136794N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (18kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Moh Mustahilul A. NIT: 551811136794 N, 2023, “Optimalisasi proses discharge product oil jenis B/30 di MT. Paluh Tabuan”, skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Akhmad Ndori, S. ST., MM, M.Mar, Pembimbing II: Ibu Fatimah, SPd., Mpd B/30 adalah Biosolar/Biodesel. Biosolar B/30 merupakan hasil pencampuran solar dengan minyak nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO). Bahan bakar ini memiliki komposisi perbandingan 30% bahan nabati dan 70% bahan solar. Sebelum bercampur dengan solar, minyak kelapa sawit bereaksi terlebih dahulu dengan methanol dan ethanol dengan katalisator NaOH atau KOH untuk menghasilkan fatty acid methyl ester (FAME), Dalam pelaksanaa proses discharge B/30 dari MT. Paluh Tabuan ke Jetty 2 Panjang, peneliti menemukan kendala-kendala selama proese discharge berlangsung yang membuat tidak optimalnya proses tersebut. Terjadinya kebocoran pipa terminal pada saat proses discharge berlangsung, disebabkan karena tingginya pressure manifold kapal. Dengan terjadinya kendala tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu, Apa yang menyebabkan proses discharge B/30 tidak berjalan optimal dan Upaya apa yang dilakukan agar proses discharge B/30 berjalan optimal. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan diagram fishbone. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti terhadap proses discharge B/30, bahwa penyebab tidak optimalnya proses discharge adalah terjadinya kebocoran pipa terminal. Karena kurang komunikasi antara pihak terminal dengan kru kapal, dan menyebabkan naiknya pressure manifold kapal pada saat proses discharge berlangsung. Upaya yang dilakukan agar proses discharge B/30 menjadi optimal yaitu dengan melakukan koordinasi yang baik, memberikan familiarisasi dan pelatihan, memeriksa dan melakukan perawatan cargo equipment, dan melakukan pengawasan ekstra selama proses discharge berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Discharge, Product Oil, B/30.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:15
Last Modified: 30 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4703

Actions (login required)

View Item View Item