PRADANA, AHMAD RIZKI (2023) OPTIMALISASI RUANG MUAT DARI MUATAN BATUBARA MENUJU MUATAN PUPUK : STUDI KASUS DI KAPAL CURAH MV FEDERAL OAK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811126588N_PROSIDING_FULLTEXT)
551811126588N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
Abstract
Abstraksi - Persiapan ruang muat dari batubara menuju muatan pupuk perlu dilakukan, kapal yang belum bersih dari muatan batubara menyebabkan tertundanya pemuatan pupuk di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelaksanaan pembersihan ruang muat dari muatan batubara menuju muatan pupuk dan untuk mengetahui proses pembersihan ruang muat untuk muatan curah sehingga keterlambatan muatan dapat dihindari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang ada kemudian dianalisis secara kualitatif untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini mengungkap bahwa agar mendapatkan izin dari surveyor untuk menerima muatan yang berikutnya karena pupuk merupakan muatan bersih sehingga tidak diperbolehkan palka dalam keadaan kotor dan basah. Pelaksanaan persiapan ruang muat meliputi pengecekan kondisi ruang muat setelah proses bongkar, membuat jadwal atau rencana pembersihan, mempersiapkan alat-alat yang digunakan, dan melaksanakan pembersihan ruang muat. Saran untuk memecahkan masalah ini adalah pihak perusahaan mengadakan pelatihan (job training) ataupun edukasi terhadap seluruh crew kapal dan pihak perusahaan sebaiknya membuat prosedur atau aturan yang jelas dan tepat di dalam proses pembersihan palka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: persiapan, pembersihan, ruang muat, batubara, pupuk |
Subjects: | Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:56 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:56 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
View Item |