HERNANDA, ALUISIUS RISKI (2023) “IDENTIFIKASI PENYEBAB KERUSAKAN EXHAUST VALVE MAIN ENGINE DI MV.OMS BROMO”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236925T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236925T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811236925T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236925T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811236925T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236925T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Hernanda Aluisius Riski, 2023, NIT : 551811236925 T, “Identifikasi Penyebab Kerusakan Exhaust Valve Main Engine DI MV.OMS BROMO”. ”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,Pembimbing I: Dr.F.Pambudi Widiatmaka, S.T.,M.T. Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST.,M.M. Exhaust valve (katup buang) adalah valve pada mesin diesel, baik empat langkah maupun dua langkah, yang berfungsi sebagai pintu keluar gas hasil pembakaran di dalam cylinder dan memungkinkan gas keluar dari hasil pembakaran dengan sempurna. Katup ini memiliki ruang kerja yang dirancang secara mekanis yang dapat menahan suhu gas buang yang tinggi dan benturan logam. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. SHEL yang merupakan singkatan dari Software digunakan untuk menentukan batasan dan kebijakan yang ada serta menentukan bagaimana cara untuk berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan eksternal, Hardware digunakan untuk mengacu pada setiap komponen fisik dari sistem seperti kendaraan, alat-alat, manual, tanda-tanda dan sebagainya, Environment Mengacu pada lingkungan dimana dari berbagai komponen yang berbeda dari proses berinteraksi, Liveware mengacu pada setiap komponen manusia dari sistem dalam aspek hubungan dan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan dan hasil deskripsi permasalahan terkait “Identifikasi Penyebab Kerusakan Exhaust Valve Main Engine di MV. OMS BROMO”. Penulis dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa masalah yang dapat dibahas, diantaranya: faktor yang mengakibatkan kerusakan exhaust valve, dampak yang diakibatkan dari kerusakan exhaust valve, dan upaya untuk mengatasi kerusakan exhaust valve. Penulis menyimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakaan pada exhaust valve, yaitu keausan exhaust valve, penggunaan spare part yang tidak sesuai dengan instruction manual book, kurangnya kesadaran masinis dalam melakukan perawatan terhadap exhaust valve. Saran yang dapat penulis berikan diharapkan agar masinis dapat lebih memperhaatikan penyebab terjadinya keruskaan exhaust valve dan dapat meningkatkan perwawat terhadap komponen yang berhubungan dengan exhaust valve.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: exhaust valve, mesin induk, SHEL. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:32 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4668 |
Actions (login required)
View Item |