RYAN, MA’ARIF (2023) ANALISIS PENURUNAN TEKANAN INJECTOR PADA MESIN DIESEL GENERATOR MT. GAS DREAM. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811226700T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226700T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811226700T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226700T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811226700T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226700T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ryan Ma’arif. 2023. NIT : 551811226700T, “Analisis penurunan tekanan injector pada mesin diesel generator di MT. GAS DREAM”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Agus Tjahjono, M.M, M.Mar. E, Pembimbing II : Ir. Fitri Kensiwi. Injector merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyemprotkan bahan bakar dari injection pump ke dalam ruang bakar pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak mendekati posisi TMA. Penelitian ini di ambil karena adanya peningkatan suhu gas buang dan penurunan nilai Pmax pada siliinder no.3 dan no. 4 mesin diesel generator yang di sebabkan oleh tekanan injector yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apa saja faktor penyebab, dampak apa saja yang terjadi serta upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan menurunnya tekanan injector pada mesin diesel generator. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab menurunnya kinerja injector adalah ketidaksesuaian pelaksanaan PMS dengan instruction manual book, nozzle tersumbat, berkurangnya elastisitas spring, bahan bakar menetes, kurangnya tekanan injector, bahan bakar kotor, kurangnya pengalaman kerja terhadap mesin diesel generator dan terbatasnya spare part di kapal. Dampaknya running hours melewati batas yang ditentukan yang menyebabkan kerusakan komponen, pengabutan tidak sempurna yang berdampak secara langsung pada mesin yaitu daya motor menurun, tingginya suhu gas buang, terjadinya detonasi, asap hitam hasil pembakaran, kotornya filter bahan bakar oleh endapan lumpur, perawatan yang dilakukan terhadap injector kurang maksimal dan penggunaan spare part bekas. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan instruction manual book, melakukan penggantian komponen yang rusak, melakukan perawatan bahan bakar melakukan perawatan sesuai instruction manual book serta request spare part terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Injector, Perawatan, SWOT. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:53 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:53 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4660 |
Actions (login required)
View Item |