OPTIMALISASI OPERASI FREE GAS TANGKI MUATAN PADA SAAT DRY DOCK DI KAPAL LPG/C GAS KALIMANTAN

RUSLI, ANWAR (2023) OPTIMALISASI OPERASI FREE GAS TANGKI MUATAN PADA SAAT DRY DOCK DI KAPAL LPG/C GAS KALIMANTAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136866N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136866N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136866N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136866N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
[img] Pdf (551811136866N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136866N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (544kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rusli Anwar NIT: 551811136866 N, 2023, “Optimalisasi Operasi Free Gas Tangki Muatan Pada Saat Dry Dock di Kapal LPG/C Gas Kalimantan”, skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautka, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si., M.Mar , Pembimbing II: Fatimah, S.Pd, M.Pd. LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan muatan gas dalam bentuk cair, dimana cairan ini tidak berwarna, tidak menimbulkan karat, tidak beracun tetapi sangat mudalh terbakar. LPG adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam yang diperoleh dari kilang-kilang gas atau hasil pengolahan minyalk bumi. Dengan menambalh tekanan dan menurunkan suhunya, maka gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi Propana (C3H8) dan Butana (C4H10), serta mengandung hidrokarbon ringan dalam jumlah kecil Etana (C2H6), dan Pentana (C5H12). LPG digunakan sebagai bahan bakar untuk rumah tangga dan industri. Muatan LPG diangkut dengan 3 tipe kapal sesuai dengan jenis tangki karena beda tipe tangki akan berbeda pula cara penanganan pada saat kapal akan memasuki Dry Dock. Salah satu kapal tersebut adalah LPG/C Gas Kalimantan dengan tipe Fully Pressurized Tank yang akan melaksanakan persiapan Dry Dock namun, pada saat tahap persiapan terdapat hambatan yang berhubungan dengan efisiensi waktu serta timbulnya polutan disekitar kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan juga cara optimalisasi yang menjadi penghambat selama operasi Free Gas pada persiapan Dry Dock di kapal LPG/C Gas Kalimantan. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik studi pustaka. Kemudian data dianalisa menggunakan diagram fishbone. Hasil penelitian menunjukkan 1.) Faktor penghambat operasi Free Gas di kapal LPG/C Gas Kalimantan yaitu Ketidak sesuaian metode yang diterapkan diatas kapal penulis dengan pedoman yang ada di dalam Cargo Manual Book menjadi faktor penghambat yang mempengerahui efisiensi waktu. 2.) Cara mengoptimalkan pelaksanaan prosedur Free Gas Menurut Cargo Manual Book(1996), yaitu melakukkan koordinasi yang baik antara pihak perwira dengan kru kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Dry Dock, LPG mix, Free Gas, Cargo Manuak Book
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:17
Last Modified: 17 Mar 2023 02:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item View Item