SHORTAGE CONTAINER PADA PELAKU USAHA EKSPOR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG

ADYATMA, EILEN RASYID (2022) SHORTAGE CONTAINER PADA PELAKU USAHA EKSPOR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811316707K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811316707K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811316707K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811316707K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811316707K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811316707K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (494kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rasyid, Adyatma Eileen, 2022, 551811316707, “Shortage Container Pada Pelaku Usaha Ekspor Selama Pandemi Covid-19 di Terminal Petikemas Semarang”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Nur Rohmah, S.ST., M.M., Pembimbing II: Dr. Andi Prasetiawan, S.E., M.M Shortage container terjadi berawal karena penutupan pelabuhan di Amerika dan China kemudian terjadinya invasi Rusia dan Ukraina mengakibatkan invasi global eropa sehingga pada akhirnya terjadi konjungsi atau antrian kapal yang cukup panjang di pelabuhan-pelabuhan tujuan Cina maupun Amerika dan beberapa juga pelabuhan di Eropa. Akibat dari traffic yang menjadi multi effect menyebabkan kapal kontainer tidak bisa beroperasi selama dua minggu atau 14 hari dikarenakan terbatasnya tenaga kerja faktor dari pandemi yang mengharsukan lockdown di berbagai negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab dan dampak shortage container bagi pelaku usaha ekspor serta cara pelaku usaha ekspor menangani shortage container yang terjadi selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan untuk melakukan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara terhadap para narasumber sehingga didapatkan teknik keabsahan data secara triangulasi. Terjadinya shortage container karena ketidakseimbangan ekspor dan impor dampaknya meningkatnya tarif kontainer atau ocean freight hal ini menjadikan banyak pelaku usaha baik eksportir maupun importir yang mengeluh. Upaya yang dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar dengan tingginya harga biaya logistik ini memang terkait dengan supply dan demand dan space yang terbatas sehingga kami berusaha minta mendatangkan lagi kapasitas tambahan baik itu berupa kapal-kapalnya sendiri maupun juga petikemas tersendiri. Saran yang dapat diberikan yaitu Pemerintah agar dapat membantu para pelaku usaha dan juga memberikan kebijakan-kebijakan yang friendly terhadap eksportir dan importir dan juga para pengusaha pelayaran dan logistik sehingga mungkin bisa mengalihkan kedepan pendapatan negara dari sumber-sumber lain karena nanti kalau ekspor dari Indonesia juga semakin tinggi pasti pendapatan negara dari pajak pasti akan meningkat tajam juga

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Shortage container, Covid-19, ekspor
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:28
Last Modified: 26 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item