INGGA, DARMA KUSUMA PUTRA (2022) ANALISIS TERJADINYA TUBRUKAN MV. VERTIKAL DENGAN TONGKANG RALINE 13 DI ALUR SUNGAI BARITO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811116546N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116546N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811116546N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116546N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811116546N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116546N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (298kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Putra, Ingga. D. K. 551811116546 N, 2022, “Analisis Terjadinya Tubrukan MV. Vertikal dengan Tongkang Raline 13 di Alur Sungai Barito”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dian Wahdiana M.M dan Pembimbing II: Awel Suryadi, S.ST, M.Si Dalam proses berolah gerak ini yang sangat berpotensi timbulnya bahaya tubrukan seperti saat memasuki alur pelayaran sempit yang mana hal ini pernah penulis alami saat penulis melaksanakan praktek laut dikapal MV. Vertikal yang sedang berolah gerak mengalami tubrukan dengan kapal tongkang Raline 13 yang sedang berlabuh. Saat itu kapal MV.Vertikal sebagai kapal yang berolah gerak menabrak kapal tongkang Raline 13 yang sedang berlabuh yang berakibat kerusakan lambung pada MV.Vertikal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengapa dapat terjadi tubrukan antara MV. Vertikal dengan Kapal Tongkang Raline 13 di Alur Sungai Barito dan bagaimana upaya untuk mencegah terjadinya tubrukan adi Alur Sungai Barito. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan analisis terjadinya tubrukan antara MV. Vertikal dengan Tongkang Raline 13 di Alur Sungai Barito dengan menggunakan teknik analisis data fishbone. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tubrukan MV. Vertikal dengan Tongkang Raline 13 di Sungai Barito dari diagram fishbone adalah karena kelalaian kru dalam berdinas jaga, kurangnya pemahaman kru dalam mencegah terjadinya tubrukan, serta karena ramainya lalu lintas kapal di Sungai Barito, hal ini menjadi sangat penting bagi keamanan berlayar pada alur sempit sehingga harus adanya upaya yang dilakukan agar kejadian seperti yang dialami MV. Vertikal tidak terulang adalah dengan melakukan dinas jaga dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, melakukan rekrutmen kru yang berpengalaman, memastikan bahwa ship equipment dalam kondisi siap baik saat dalam kondisi kapal berlayar maupun kapal sedang berlabuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, Tubrukan, Alur Pelayaran Sempit, Dinas Jaga |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 08:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 08:40 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4479 |
Actions (login required)
View Item |