ANALISIS KERUSAKAN KATUP GAS BUANG DIESEL GENERATOR PADA KAPAL MV. DK 03

RESTU, PAMBUDI (2022) ANALISIS KERUSAKAN KATUP GAS BUANG DIESEL GENERATOR PADA KAPAL MV. DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216630T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216630T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216630T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216630T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811216630T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216630T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (281kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pambudi, Restu. 2022. “Analisis Kerusakan Katup Gas buang Diesel Generator Pada Kapal MV. DK 03”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H. Mustholiq, MM, M.Mar.E Pembimbing II: Darul Prayogo, M.Pd. Kepulauan Indonesia telah menjadi daerah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7 serta menjadi arus perdagangan antar pulau dan perdagangan impor dan ekspor meningkat, sehingga diperlukan transportasi laut yang cukup untuk mendukung Perekonomian nasional dan menjaga kedaulatan maritim Indonesia. Menyadari tentang pentingnya transportasi laut maka diperlukan penanganan akan armada transportasi tersebut salah satunya dengan mengoptimalkan kinerja permesinan pada armada laut serta aktivitas sistem operasi transportasi laut. penulis menemukan masalah mengenai kerusakan katup gas buang diesel generator di atas kapal yang dapat mempengaruhi kinerja dari armada transportasi laut saat melaksanakan praktek laut. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui faktor yang dapat menyebabkan kerusakan katup gas buang pada diesel generator, dampak yang di timbulkan pada diesel generator serta upaya untuk mencegah dan mengatasi kerusakan pada katup gas buang diesel generator. Metode analisis data yang digunakan penulis untuk mempresentasikan masalah adalah metode SHEL dan USG, yang digunakan untuk menemukan prioritas masalah kerusakan katup gas buang juga menjadi permasalahan yang penulis peroleh. Berdasarkan hasil penelitian penulis, kerusakan katup gas buang tersebut terjadi karena kurangnya perawatan yang teratur, valve cotter yang sudah aus, sistem pendingin yang kurang maksimal dan pengetahuan tentang perawatan yang dirasa kurang. Berdasarkan hasil analisis di atas kapal dapat disimpulkan bahwa kerusakan katup gas buang tersebut terjadi karena kurangnya perawatan yang teratur akibat dari kurangnya kesadaran mengenai perawatan permesinan, kurangnya perhatian pada komponen valve cotter yang menyebabkan kerusakan pada valve cotter, sistem pendingin yang kurang maksimal akibat perawatan mengenai sistem pendingin yang kurang dilakukan dengan baik, dan kurangnya pengetahuan crew mengenai perawatan dan perbaikkan yang dirasa masih kurang. Adapun saran penulis sebaiknya untuk menanggulangi masalah-masalah diatas yaitu agar dapat melaksanakan perawatan yang teratur dan menambah pengetahuan mengani perawatan apa saja yang harusnya dilakukan, juga perusahaan dapat meningkatkan pengadaan ketersediaan sparepart di atas kapal guna meningkatkan jalannya perawatan dan mengantisipasi kerusakan yang akan terjadi di kapal agar kinerja kapal dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Katup gas buang, valve cotter, Diesel generator,crew, sparepart
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:13
Last Modified: 17 Oct 2022 07:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item