DAMPAK JEBOLNYA TANGGUL TERHADAP KEGIATAN DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (STUDI KASUS: PT. LAMICITRA NUSANTARA)

ROBI, MAULANA HAFIZUDDIN (2022) DAMPAK JEBOLNYA TANGGUL TERHADAP KEGIATAN DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (STUDI KASUS: PT. LAMICITRA NUSANTARA). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811316725K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811316725K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811316725K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811316725K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (551811316725K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811316725K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (66kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Hafizuddin, Robi Maulana, NIT. 551811316725 K, 2022, “Dampak jebolnya tanggul terhadap kegiatan di Terminal Peti Kemas Semarang (Studi kasus: PT. Lamicitra Nusantara)”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., Pembimbing II: Darul Prayogo, M.Pd. Jebolnya tanggul PT. Lamicitra Nusantara di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang merupakan kejadian luar biasa pada Senin, 23 Mei 2022. Derasnya air yang masuk dari tanggul yang jebol mengakibatkan tergenangnya kawasan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang berdampak pada infrastruktur dan kegiatan yang ada di sekitar pelabuhan salah satunya di Terminal Peti Kemas Semarang. Kegiatan yang terdampak akibat dari kejadian itu adalah kegiatan bongkar muat dan delivery/receiving. Karena kegiatan tersebut terhambat sehingga mengakibatkan kerugian pada Terminal Peti Kemas Semarang dan juga terhadap pemilik barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengambil tindakan atau kebijakan dari kejadian tersebut agar kejadian ini tidak terjadi kembali dimasa yang akan datang sehingga tidak menyebabkan kerugian kepada pihak manapun. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan penulis setelah kejadian terjadi, dikarenakan dampak yang ditimbulkan cukup besar dari kejadian tersebut. Penulis melakukan wawancara dengan tiga narasumber dari bidang berbeda terkait kejadian tersebut. Lokasi penulis melakukan penelitian yaitu di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah dan waktu penelitian pada 1 Juni 2022 hingga 31 Juli 2022. Faktor yang menyebabkan tanggul PT. Lamicitra Nusantara jebol adalah tingginya debit air pasang disertai dengan gelombang tinggi pada saat itu serta dari faktor tanggul yang harus dilakukan peremajaan karena terdapat retak rambut serta rembesan air laut pada tanggul. Upaya dari pengelola pelabuhan terhadap kejadian itu adalah dengan membangun tanggul permanen dengan struktur lebih kuat dan lebih tinggi dari tanggul sebelumnya dan melakukan pengawasansecara berkala terhadap bangunan tanggul agar saat ditemukan kerusakan pada tanggul dapat segera diperbaiki sehingga lifetime dari tanggul dapat bertahan lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tanggul jebol, banjir rob, terminal peti kemas semarang, bongkar muat
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: person person person
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:19
Last Modified: 12 Oct 2022 04:19
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item