ANALISIS BERKURANGNYA KOMPRESI MAIN AIR COMPRESSOR DI MT. SEI PAKNING

DEWI, LARASATI (2022) ANALISIS BERKURANGNYA KOMPRESI MAIN AIR COMPRESSOR DI MT. SEI PAKNING. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236953T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236953T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236953T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236953T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Text (551811236953T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236953T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Larasati, Dewi.2022, “ Analisis Berkurangnya Tekanan Kompresi Main air compressor di MT. Sei Pakning dengan metode SHEL pendekatan metoode USG”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri, M. T., M.Mar,E, Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST .M.M. Pada saat kapal loading avtur di SBM Cilacap menuju ke SBM cengkareng penulis diperintah untuk menjalankan main air compressor secara manual untuk mengisi botol angin. Tekanan kompresi yang dihasilkan sangat lama. Setelah botol angin terisi terjadi berkurangnya tekanan kompresi yang sangat signifikan. Penulis melaporkan kejadian tersebut pada masinis 2 dan segera direncanakan untuk melakukan overhaul pada main air compressor pada saat kapal anchorage di SBM Cengkareng. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor, dampak serta upaya berkurangnya tekanan kompresi main air compressor dan upaya mengatasi penyelesaian masalah yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahan yang sama. Pentingnya peran permesinan bantu main air compressor di atas kapal maka digunakan metode SHEL untuk memecahkan suatu permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan metode USG untuk mengetahui priority dari kerusakan yang terjadi pada main air compressor dan menggunakan metode induktif kualitatif untuk megetahui faktor penyebab, dampak serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi suatu permasalahan main air compressor. Faktor dari berkurangnya tekanan kompresi main air compressor yaitu ausnya ring piston, ketidaksesuaian PMS, udara kamar mesin yang kotor, Spare part diatas kapal tidak memadai, Dampak yang disebabkan oleh berkurangnya tekanan kompresi main air compressor adalah berkurangnya oli lebih cepat dan mengakibatkan kapal delay. Upaya yang unruk mengatasi berkurangnya tekanan main air compressor adalah melakukan penggantian ring piston secara berkala sesuai jam kerja di manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: main air compressor, ring piston.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:50
Last Modified: 06 Oct 2022 04:50
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item