OPTIMALISASI KERJA POMPA BALLAST GUNA KELANCARAN PENGOPERASIAN KAPAL DI MV.MANALAGI HITA

FEBY, SETIYAWAN (2022) OPTIMALISASI KERJA POMPA BALLAST GUNA KELANCARAN PENGOPERASIAN KAPAL DI MV.MANALAGI HITA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811226679T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226679T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811226679T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226679T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811226679T_Surat Pernyataan Publikasi)
551811226679T_Surat Pernyataan Publikasi.pdf

Download (279kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Feby, Setiyawan, 2022. NIT. 551811226679 T, “Optimalisasi kerja pompa ballast guna kelancaran pengoperasian kapal di MV.Manalagi Hita”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr.F Pambudi Widiatmaka. S.T,M.T., Pembimbing II : Irma Shinta Dewi,M.Pd Transportasi laut merupakan unsur penting yang berperan sebagai moda pendistribusian pada dunia perdagangan. Dalam penggunaan transportasi laut, kondisi kapal laut yang baik sangat berpengaruh dalam proses pengoperasian kapal. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam proses pengoperasian kapal yang baik adalah memperhatikan stabilitas kapal. Dalam mempertahankan stabilitas kapal, perlu dilakukan pengaturan volume air dalam tangki ballast. Pada pengisian tangki ballast digunakan sistem pompa ballast.Kerja pompa ballast yang optimal sangat berpengaruh pada kelancaran pengoperasian kapal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengunakan metode teknik analisis data SHEL (Software, Hardware, Environtment, Liveware), di mana pemecahan masalah menggunakan analisis SHEL untuk mengidentifikasi faktor-faktor faktor penyebab motor listrik yang terbakar pada blower bantu mesin induk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor apa saja yang menyebabkan kurang optimalnya kerja pompa ballast guna kelancaran pengoperasian kapal di MV. Manalagi Hita adalah: 1) Kualitas dan keterlambatan pengiriman suku cadang, 2) Kerusakan pada bagian pompa, 3) Banyaknya sampah pada area laut di pelabuhan, 4) kurangnya pengetahuan dan keahlian manusia. Dampak dari kurang optimalnya kerja pompa ballast adalah: 1) kurangnya persediaan suku cadang diatas kapal, 2) Pengoperasian pompa terganggu; 3) Terganggunya pengoperasian kapal. Untuk mencegah faktor-faktor yang menyebabkan kurang optimalnya kerja pompa ballast, upaya yang harus dilakukan adalah: 1) melakukan perawatan berkala sesuai PMS (plan maintenance system); 2) Menjaga ketersedian spare part di atas kapal sesuai dengan manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: optimalisai, pompa ballast, SHEL
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:52
Last Modified: 06 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item