MATOARI, PANGKU ALAM (2022) OPTIMALISASI PERAWATAN EMERGENCY SHUTDOWN SYSTEM (ESDS) GUNA MENJAMIN KESELAMATAN PADA PROSES BONGKAR DIKAPAL LPG/C DECORA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136772N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136772N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136772N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136772N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (551811136772N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136772N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (70kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Alam, Matoari Pangku, NIT. 551811136772 N, 2022, “Optimalisasi Perawatan Emergency Shutdown System (ESDS) Guna Menjamin Keselamatan Pada Proses Bongkar Dikapal LPG/C Decora”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Vega F. Andromeda,S.ST.,S.Pd.,M.Hum Pembimbing II: Abdi Seno, M.Si.,M.Mar.E Emergency Shutdown System adalah sistem vital yang harus dimiliki unit yang beroprasi dalam industri gas atau perminyakan, termasuk kapal pengangkut gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan mengevaluasi penyebab kurang optimalnya penerapan sistem perawatan ESDS diatas kapal. Serta menemukan solusi pencegahan emergency shut down failure khususnya pada sistem hydraulic. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci tentang pelaksanaan perawatan Emergency Shutdown System, serta kendala dan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan proses perawatan ESD di kapal LPG/C Decora. Proses perawatan Emergency Shutdown system di kapal LPG/C Decora belum optimal, yang disebabkan kurangnya kesadaran diri dari crew kapal saat melaksanakan kerja harian atau perawatan. Adapun upaya yang dilakukukan untuk mengoptimalkan pengawasan pelashingan adalah dengan pelaksanaan safety meeting setiap 1 bulan sekali, Kinerja dan pembagian tugas yang optimal ini sangat berguna dalam mengontrol dan mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang telah dilakukan oleh kru dalam menunjang efisiensi pengoperasian perawatan ESD diatas kapal, termasuk kegiatan pengawasan terhadap potensi kru kapal. Dengan pembagian tugas ini Nakhoda maupun Perwira di atas kapal dapat mengontrol dan mengetahui siapa saja kru yang sedang melaksanakan kerja harian dan mengetahui aktivitas apa saja yang telah dilakukan kru selama berada di atas kapal (pada saat proses perawatan/maintenance dan lain sebagainya).. Saran untuk memecahkan masalah ini adalah crew kapal selalu memonitor dan mengontrol keadaan disekitar kapal saat proses perawatan guna tercapainya keamanan dan keselamatan diri crew kapal, serta crew kapal terutama mualim harus memberikan semangat dan motivasi kerja kepada ABK supaya tidak ada permasalahan saat melaksanakan perawatan, serta meningkatkan komunikasi antara master dan crew. kepada pihak perusahaan dengan lebih mempertimbangkan dalam hal merekrut crew kapal dengan harus memperhatikan kompetensi dan keahlian masing-masing crew.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, Perawatan, Emergency Shutdown System (ESDS) |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 07:06 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 07:06 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4345 |
Actions (login required)
View Item |