RISK ASSESMENT SEBAGAI ALAT PENDUKUNG PENGABILAN KEPUTUSAN DALAM PENGELOLAAN AIR BALLAST

RAHMAD, RISANG SUBAGYO (2022) RISK ASSESMENT SEBAGAI ALAT PENDUKUNG PENGABILAN KEPUTUSAN DALAM PENGELOLAAN AIR BALLAST. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811126602N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126602N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811126602N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126602N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811126602N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126602N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (294kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Risang Subagyo, Rahmad. 2022. “Management Resiko Sebagai Alat Pendukung Pengambilan Keputusan Dalam Pengelolaan Air Ballast”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Tri Kismantoro, MM, M.Mar, Pembimbing II: Vega F. Andromeda, S.St, S,Pd, M.Hum. Proses ballasting adalah sebuah proses pengisian air laut dalam tangki untuk menjaga dan mempertahankan stabilitas kapal dengan baik dimana tentunya air laut ini masih banyak mengandung mikroorganisme dari air laut yang dimasukkan ke dalam tangki. Dari proses ballasting ini bertujuan untuk mengetahui penyebab,dampak dan juga cara untuk mengatasi kualitas air balast yang buruk, sehingga ketika berlabuh di suatu pelabuhan tidak menimbulkan kontaminasi di perairan tersebut. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana yang harus dilakukan adalah teknik observasi, pengumpulan data maupun wawancara selama melaksanakan praktik diatas kapal. Berdasarkan analisa yang didapat adalah perlunya perbaikan pada pompa ballast yang ada di kapal MV KT 02. Dengan metode penelitian ini, penulis bertujuan mencari faktor penyebab tidak optimalnya kualitas air ballast serta dampak yang ditimbulkan dari faktor penyebab buruknya kualitas air ballast. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem kerja dari ballast pump yang tidak maksimal dan belum diaplikasikanya ballast water treatment, sehingga menyebabkan kualitas air ballast buruk. Dari permasalahan ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya sistem kerja dari ballast pump yang optimal dan sistem ballast water treatment sangat mempengaruhi kualitas air ballast yang dihasilkan. Saran yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah seharusnya pihak owner kapal melakukan pemasangan water ballast treatment agar kualitas air ballast dapat optimal, Melaksanakan penambahan edukasi kepada perwira yang akan on board agar selalu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan International Maritime Organisation di dalam peraturan Water Ballast Management, Pihak owner kapal seharusnya melakukan perbaikan pada Ballast Pump agar kerja dari ballast pump ini sendiri menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ballast, Ballast pump.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:48
Last Modified: 05 Oct 2022 04:48
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item