KHOFIFAH, ALMUKAROMAH (2021) PENGGUNAAN APLIKASI KLIK KAPAL DALAM BISNIS SEWA MENYEWA KAPAL DI PT. MOMENTUM INDONESIA INVESTAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (541711306480K_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711306480K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (541711306480K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711306480K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Khofifah Almukaromah, NIT: 541711306480K, 2021 “Penggunaan aplikasi Klik Kapal dalam bisnis sewa menyewa kapal di PT. Momentum Indonesia Investama”, Program Diploma IV, Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Sri Purwantini, S.E., S,Pd, MM. Pembimbing II: Budi Joko Raharjo, M.M.,M.Mar.E Aplikasi Klik Kapal adalah suatu aplikasi yang menghubungkan antara pemilik kapal dan penyewa kapal dalam platform daring. Dalam penggunaanya terdapat beberapa kendala diantaranya signal yang tidak stabil, kurangnya pengetahuan pegawai operasional yang belum bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Penggunaan aplikasi yang masih berjalan 1tahun menjadikan penggunaanya belum bisa maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dalam penggunaan aplikasi ”Klik Kapal” di PT. Momentum Indonesia Investama serta untuk mengetahui langkah yang dapat dilakukan guna mendorong perusahaan pelayaran menggunakan aplikasi “Klik Kapal” untuk memudahkan dalam proses bisnis sewa menyewa kapal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang diambil dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kendala yang dirasakan oleh pegawai juga pelanggan di PT. Momentum Indonesia Investama yaitu ada 2(dua) faktor, faktor intern dan ektern. Faktor intern diantara lain faktor sumber daya manusia yaitu kurangnya pemahaman pegawai operasional dalam menggunakan aplikasi “Klik Kapal” dengan baik dan benar. Faktor ekstern diantara lain tidak adanya buku panduan aplikasi “Klik Kapal”. Upaya dalam pemecahan pada kendala yang dialami adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi “Klik Kapal” kepada pegawai operasional, meningkatkan keahlian karyawan sejalan dengan perubahan teknologi, meningkatkan kemandirian bagi karyawan baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan, membantu pemecahan permasalahan operasional, pengaturan yang tepat pada alat/sarana komunikasi pegawai operasionaldan pengadaan buku panduan aplikasi “Klik Kapal”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: “Klik Kapal”, Bisnis, Sewa Menyewa |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:59 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4332 |
Actions (login required)
View Item |