RAHMAN, HABIBUR (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB KERUSAKAN PADA BOLDER TONGKANG SAAT PROSES SANDAR DI BULK DERAWAN MUARA PANTAI (STUDI KASUS: TONGKANG ATK 316). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811336985K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811336985K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811336985K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811336985K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811336985K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
551811336985K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (393kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Habibur Rahman, 2022, NIT: 551811336985 K, “Identifikasi Penyebab Kerusakan Pada Bolder Tongkang Saat Proses Sandar Di Bulk Derawan Muara Pantai (Studi Kasus Tongkang: Atk 316)”, skripsi Program Studi Tatalaksana, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Sri Purwantini SE, S.Pd, MM, Pembimbing II: Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E Kerusakan yang terjadi pada bolder tongkang ATK 316 pada saat proses sandar di kapal floating crane bulk derawan yang mengakibatkan bolder tongkang patah atau jatuh ke laut dan tali troos yang sudah tidak layak yang di gunakan terkait pengikatan tali tambat pada bolder. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan pada bolder tongkang saat proses sandar di bulk derawan muara pantai dan upaya yang harus di lakukan untuk mencegah penyebab kerusakan bolder tongkang agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci proses sandar kapal tongkang ATK 316 ke kapal floating crane bulk derawan muara pantai pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab kerusakan pada bolder tongkang saat proses sandar di bulk derawan muara pantai di sebabkan oleh instruksi kerja penyandaran tongkang ke kapal floating crane belum menjelaskan secara detail terkait teknik pengikatan dan pembagian beban tali pada bolder, sehingga perlu dibuatkan instruksi kerja khusus terkait Mooring–Unmooring di Derawan, dan instruksi kerja Penyandaran Tongkang ke floating crane, Monitoring pelaksanaan pemeriksaan pemeliharaan harian tongkang berjalan secara bulanan, melakukan instruksi terhadap crew armada terkait kewajiban untuk melakukan pemeriksaan sebelum kapal di muat atau sesudah. Adapun upaya yang harus di lakukan untuk mencegah kecelakaan kerja tongkang yaitu di kaji ulang instruksi kerja penyandaran tongkang ke kapal floating crane, monitoring pelaksanaan pemeriksaan pemeliharaan harian tongkang dilakukan rutin setiap bulan, melakukan pelatihan terhadap crew armada terkait kewajiban untuk melakukan pemeriksaan kapal sebelum melakukan bongkar muat, floating Crane menjadi pemandu terkait pemasangan dan penempatan tali pada bolder Tongkang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kerusakan Bolder, Tongkang. |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 08:24 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 08:24 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
View Item |