PENANGANAN KLAIM ASURANSI BAGI CREW KAPAL YANG SAKIT DI ATAS KAPAL PADA PT. JASINDO DUTA SEGARA

FARCHAN, AFFIFUDIN (2022) PENANGANAN KLAIM ASURANSI BAGI CREW KAPAL YANG SAKIT DI ATAS KAPAL PADA PT. JASINDO DUTA SEGARA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811336972K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811336972K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811336972K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811336972K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811336972K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811336972K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (322kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Farchan, Affifudin, 551811336972 K, 2022, “ Penanganan Klaim Asuransi Bagi Crew Kapal yang Sakit di Atas Kapal pada PT. Jasindo Duta Segara”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Nur Rohmah, S.E., M.M., Pembimbing II: Purwantono, S.Psi., M.Pd. Perusahaan manning agency me-manage crew yang di-recrut untuk mengisi pergantian crew pada setiap kapal owner. Perusahaan manning agency juga harus bertanggung jawab atas resiko pada crew saat berlayar yang sangat besar mulai dari kecelakaan kerja, sakit, sampai dengan kematian. Pada saat crew mengalami sakit saat berlayar tentunya sangat berbahaya dan salah satu tugas dari PT. Jasindo Duta Segara sebagai perusahaan manning agency andil dalam permasalahan ini sebagai pihak untuk urusan crew saat sakit mulai memonitor keadaan crew yang sakit hingga menangani klaim asuransi crew yang sakit di atas kapal. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan proses penanganan klaim asuransi bagi crew kapal yang sakit di atas kapal pada PT. Jasindo Duta Segara, menganalisis kendala yang dihadapi pada saat proses penanganan klaim, dan menjelaskan upaya yang dilakukan PT. Jasindo Duta Segara agar klaim asuransi bagi crew kapal yang sakit di atas kapal dapat ditangani dengan baik. Dalam hal ini penulis menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Selain itu penelitian ini juga menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. teknik keabsahan data terhadap penelitian yaitu dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan/verifikasi. Penanganan klaim asuransi bagi crew yang sakit di atas kapal pada PT. Jasindo Duta Segara crew akan dipulangkan saat terindikasi sakit dan di-replace oleh crew baru, lalu crew yang sakit melakukan pengobatan crew juga melaporkan kepada PIC lalu menyetorkan semua invoice selama pengobatan kepada pihak finance dan finance meneruskan ke owner kemudian owner melaporkan klaim kepada pihak asuransi. dan persetujuan atas klaim yang diajukan ditandai dengan balasan dari owner bahwa klaim telah di-accept. Kendala dalam penanganan klaim asuransi tersebut adalah kelalaian crew terlambat laporan dan update kondisi kesehatan, tidak semua rumah sakit bisa menerbitkan invoice dan medical report berbahasa Inggris, dan kelalaian crew salah satu dari invoice hilang. Upaya yang dilakukan PT.Jasindo Duta Segara untuk menangai kendala yang terjadi menghubungi crew dengan telepon dan menrjemahkan lalu merekap invoice dalam Bahasa Inggris. Untuk upaya yang dilakukan oleh PT. Jasindo Duta Segara belum maksimal dan berjalan baik karena masih terdapat kendala yang sama terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanganan, Klaim asuransi, crew yang sakit di atas kapal.
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: person person person
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:59
Last Modified: 28 Sep 2022 07:59
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item