PUTRANTO, WIDYA (2022) ANALISIS KAPAL TONGKANG YANG MEMBENTUR WALKWAY JETTY PORT BUNATI PT. BORNEO INDOBARA SAAT PROSES SANDAR MUAT TRANSHIPMENT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811316727K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811316727K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811316727K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811316727K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (7MB) |
|
Pdf (551811316727K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811316727K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Putranto, Widya. 2022. “Analisis Kapal Tongkang Yang Membentur Walkway Jetty Port Bunati PT. Borneo Indobara Saat Proses Sandar Muat Transhipment Batu Bara” Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Daryanto,S.H.,M.M, Pembimbing II: Capt. Tri Kismantoro, MM., M.Mar. Jetty port Bunati merupakan sebuah dermaga yang menjorok ke laut berfungsi sebagai tempat bersandar kapal tunda dan tongkang dalam melakukan kegiatan muat transhipment batu bara. Pada bangunan jetty terdapat walkway yang difungsikan sebagai jembatan penghubung antar dolphin jetty agar dapat dilalui oleh para pekerja jetty saat melakukan aktivitas kerja di jetty. Apabila walkway jetty mengalami kerusakan bahkan sampai walkway tersebut roboh dipastikan akan mengganggu jalannya proses muat batu bara. Hal itu bisa jadi salah satunya disebabkan oleh terbenturnya walkway jetty port dengan kapal yang sedang melakukan proses sandar muat di jetty port tersebut, seperti kejadian yang terjadi di jetty port Bunati PT. Borneo Indobara yang menyebabkan robohnya walkway jetty akibat terbentur dari buritan kapal tongkang saat kegiatan proses sandar. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis fishbone diagram untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dari kejadian tersebut dan triangulasi data digunakan sebagai teknik keabsahan data dari penelitan. Setelah ditemukan identifikasi dari faktor�faktor penyebab maka akan dapat diketahui bagaimana penanganan dari penyebab kejadian. Begitupun upaya meminimalisir agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dapat diketahui setelah dilakukan penanganan terhadap kejadian tersebut. Berdasar hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa ada 4 faktor penyebab terjadinya kapal tongkang membentur walkway jetty port Bunati yaitu people, paper, position dan parts. Dilakukan penanganan dari faktor�faktor yang ditemukan berupa pemeriksaan kembali prosedur operasi sandar pemuatan, pengadaan alat berupa anemometer dengan segera dan penegasan kembali kepada pekerja agar mengutamakan keselamatan dan keamanan aktivitas kerja. Untuk mencegah kejadian tersebut terjadi kembali maka dilakukan upaya meminimalisir dengan cara menyesuaikan arah angin, pemasangan sistem fender dan membuat jam kerja yang tidak membebani pekerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisis, walkway jetty, transhipment, sandar muat, batu bara, kapal. |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 08:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 08:22 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4221 |
Actions (login required)
View Item |