KOMUNIKASI DAN KOORDINASI ANTARA NAHKODA KAPAL MV. MUTIA LADJONI 9 DENGAN PIHAK AGEN PT SAMUDERA PERDANA SELARAS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PELAYANAN KEGIATAN KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG

ARDANI, DITA (2022) KOMUNIKASI DAN KOORDINASI ANTARA NAHKODA KAPAL MV. MUTIA LADJONI 9 DENGAN PIHAK AGEN PT SAMUDERA PERDANA SELARAS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PELAYANAN KEGIATAN KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811316714K_PROSIDING_FULLTEXT)
551811316714K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstrak- Dalam proses pelayanan kegiatan kapal di pelabuhan banyak melibatkan Nahkoda, Agen dan Instansi terkait yang saling berkoordinasi serta berkomunikasi dalam menjalankan tugasnya. Kurangnya komunikasi dan koordinasi yang baik, dapat menyebabkan permasalahan yang menghambat pekerjaan sehingga tidak akan efektif dalam pelaksanaanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala apa yang timbul dari pentingnya menjaga komunikasi serta koordinasi antara Nahkoda kapal dengan Agen dalam proses pelayanan kapal serta upaya penyelesaian dari kurangnya komunikasi dan koordinasi antara Nahkoda Kapal dengan Pihak Agen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelayanan kegiatan penyandaran kapal MV. Mutia Ladjoni 9 berjalan tidak efektif ,dikarenakan komunikasi serta koordinasi antara Nahkoda dan Agen kapal berjalan tidak lancar. Adanya kendala dan permasalahan yang terjadi saat kegiatan penyandaran kapal MV. Yaitu tidak adanya pemberian informasi terkait kerusakan mesin kapal, proses pelayanan kapal dengan menggunakan jasa pandu gendong serta kapal harus melakukan shifting dermaga. Dan tidak adanya pemberian informasi terkait spareparts kapal yang dibawa menuju kantor di Surabaya. Upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan komunikasi serta koordinasi antara Nahkoda kapal dengan pihak Agen sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Komunikasi, Koordinasi, Nahkoda, Agen Kapal
Subjects: Prosiding > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: person person person
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:20
Last Modified: 27 Sep 2022 06:20
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item