ADANYA KEBOCORAN PADA PIPA HYDRAULIC BAGIAN TEKAN MENGAKIBATKAN BERKURANGNYA KERJA PADA WINDLASS DI MV. TANTO SEJAHTERA

FAHRUDIN, ADE RIZKI (2022) ADANYA KEBOCORAN PADA PIPA HYDRAULIC BAGIAN TEKAN MENGAKIBATKAN BERKURANGNYA KERJA PADA WINDLASS DI MV. TANTO SEJAHTERA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811226661T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226661T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811226661T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226661T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811226661T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
551811226661T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (358kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ade Rizki Fahrudin, 2022, NIT : 551811226661 T, “Adanya kebocoran pada pipa hydraulic bagian tekan mengakibatkan berkurangnya kerja pada windlass di MV. Tanto Sejahtera”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H. Rahyono,S.P1,MM,M.Mar.E. pembimbing II : Retno Hariyanti,S.Pd,M.M. Kebocoran pada pipa hydraulic bagian tekan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin windlass. Perlunya pemeliharaan, perbaikan dan perawatan terhadap o-ring, filter tanki hydraulic pipa-pipa serta mesin windlass merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh para engineer supaya mesin windlass dapat bekerja secara optimal dan maksimal. O-ring pada pipa flange adalah bagian komponen penting pada mesin windlass, kerusakan pada o-ring menjadi salah satu masalah pada mesin windlass karena dapat mempengaruhi kinerja pada mesin windlass. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk menemukan apakah tekanan berlebih menyebabkan rusaknya o-ring pada pipa hydraulic, serta apakah pemasangan flange yang tidak tepat menyebabkan rusaknya o-ring dan apakah perawatan yang tidak sesuai dengan manual book menyebabkan rusaknya o-ring pada pipa hydraulic bagian tekan di MV. Tanto sejahtera serta dampak dan upaya untuk menanggulangi kerusakan tersebut. Dalam penelitian kali ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode SHEL yaitu software, hardware, environment, dan liverware dengan identifikasi berbagai faktor secara sistematis yang bertujuan untuk mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan memberikan data apa adanya sehingga dalam penelitian ini mendapatkan hasil penelitian yang sebenarnya terjadi di MV. Tanto Sejahtera. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah penyebab kebocoran pada pipa hydraulic bagian tekan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin windlass untuk mengetahui apa yang menyebabkan kebocoran pada pipa hydraulic serta Perlunya pemeliharaan, perbaikan dan perawatan terhadap o-ring, filter tanki hydraulic pipa�pipa dengan demikian mesin windlass merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh para engineer agar mesin windlass dapat bekerja secara optimal dan maksimal. Lalu dampak jika ada kerusakan dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kebocoran tersebut sehingga mempengaruhi kinerja dari mesin windlass. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab kebocoran pada pipa hydraulic bagian tekan disebabkan dengan penerapan PMS (Plant Maintenance System) yang tidak sesuai dengan manual book, kerusakan pada o-ring, pipa hydraulic berkarat terkena air laut dan kurangnya kualitas crew yang ada di atas kapal. Sehingga dampaknya yaitu kerusakan terhadap mesin windlass atau berkurangnya kerja pada saat penarikan rantai jangkar, masinis canggung dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Atas dari itu maka upaya yang dilakukan adalah melaksanakan PMS sesuai dengan manual book, melakukan painting pada pipa, pembersihan filter, pergantian crew mesin. sehingga mesin windlass dapat bekerja secara optimal dan maksimal serta tidak mengganggu pelaksanaan pelayaran dan kerugian pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kebocoran, pipa hydraulic, windlass, o-ring
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:30
Last Modified: 26 Sep 2022 07:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item