IDENTIFIKASI SUHU GAS BUANG MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA

PUTRA, GALIH AGIMNASTIAR (2022) IDENTIFIKASI SUHU GAS BUANG MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216642T_PROSIDING_FULLTEXT)
551811216642T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin diesel penggerak utama. Pemeliharaan, perbaikan dan perawatan terhadap supporting device merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh para masinis supaya mesin diesel penggerak utama dapat bekerja secara optimal dan maksimal. Supporting device adalah bagian komponen penting pada mesin diesel penggerak utama, kerusakan pada supporting device menjadi salah satu masalah pada mesin diesel karena dapat mempengaruhi kinerja pada mesin diesel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apa yang mempengaruhi tingginya suhu gas buang pada mesin diesel yang disebabkan oleh kerusakan pada suppoting device di KM. Nggapulu serta dampak dan upaya menanggulangi kerusakan tersebut. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan Teknik analisis data dengan SHEL untuk mengetahui apa yang menyebabkan dampak dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama disebabkan oleh penerapan PMS (Plant Maintenance System) yang tidak sesuai dengan manual book, kerusakan pada supporting device, suhu air laut yang tinggi dan kurrangnya kualitas crew yang ada di atas kapal. Dampaknya yaitu kerusakan mesin karena tidak sesuai PMS, kurangnya volume air laut, kurangnya penyerapan panas pada udara bilas, kurangnya serapan udara, menurunnya putaran pada blower, pecahnya katup gas buang, tingginya suhu pada mesin, masinis canggung dalam meaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Upaya yang dilakukan adalah melaksanakan PMS sesuai dengan manual book, melakukan penyogokan pada tube, pemberian chemical, pembersihan filter, pembersihan blower, pergantian katup gas buang, membuka kran air laut, pergantian crew mesin. sehingga mesin diesel penggerak utama dapat dapat bekerja secara optimal dan maksimal sehingga tidak menggang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : perawatan, supporting device, suhu dan kualitas crew
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:14
Last Modified: 26 Sep 2022 02:14
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item