SETYAWAN, FAISAL YOGI (2022) PENGARUH PERAWATAN TURBOCHARGER TERHADAP KERJA MESIN INDUK DI MV KALI MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811216638T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216638T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811216638T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216638T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811216638T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216638T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (440kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Faisal Yogi Setyawan, 2022, NIT : 551811216638 T, “Pengaruh Perawatan Turbocharger Terhadap Kinerja Mesin Induk di MV Kali Mas”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1: Tony Santiko, M.Si. M.Mar.E., Pembimbing II: Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom, M.Si. Turbocharger merupakan bagian utama dari motor diesel yang proses kerjanya digerakkan oleh gas buang hasil dari pembakaran motor diesel yang disalurkan melalui exhaust manifold dan berfungsi untuk memompa udara masuk ke dalam ruang silinder dengan tujuan mendapatkan oksigen sebanyak-banyaknya untuk proses pembakaran yang sempurna sehingga daya mesin bertambah. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah faktor-faktor apakah yang menyebabkan kinerja turbocharger menjadi tidak optimal, dampak yang diakibatkan dan cara untuk mengatasinya. Berdasarkan dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi yang dilakukan penulis terhadap perawatan turbocharger, bahwa penyebab tidak optimalnya kinerja turbocharger pada mesin diesel generator yaitu kondisi minyak lumas yang kurang baik dan timbulnya jelaga-jelaga pada sudu-sudu turbine wheel dan nozzle ring turbocharger serta kurangnya perawatan terhadap sistem penunjang pembakaran, sehingga berdampak pada kotornya sudu-sudu turbine wheel dan nozzle ring turbocharger dan mengakibatkan turunnya tekanan udara masuk ke dalam ruang bakar. Dari masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa perawatan sistem pendukung kerja turbocharger perlu dilaksanakan dengan teratur dan sesuai dengan instruction manual book yang dibuat, sehingga dapat mengetahui permasalahan sedini mungkin dan mencegah kerusakan yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Turbocharger, mesin induk, pembakaran, SHEL. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:27 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:27 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
View Item |