ANALISIS PENYEBAB PENURUNAN PRODUKSI NITROGEN PADA PESAWAT NITROGEN GENERATOR DI KAPAL LPG/C GAS ATTAKA

SANTOSO, YOGIE PRATAMA (2022) ANALISIS PENYEBAB PENURUNAN PRODUKSI NITROGEN PADA PESAWAT NITROGEN GENERATOR DI KAPAL LPG/C GAS ATTAKA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216634T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216634T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216634T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216634T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (551811216634T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216634T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (365kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Yogie Pratama Santoso, 2022, NIT : 551811216634 T, “Analisis penyebab penurunan produksi nitrogen pada pesawat nitrogen generator di kapal LPG/C Gas Attaka”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Nasri, M.T., M.Mar.E. pembimbing II : Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom., M.Si. Pada kondisi udara normal yang ada di atmosfer bumi ini umumnya adalah 78% nitrogen, 21% oxygen, dan sisanya 1% adalah gas lain. Gas nitrogen adalah unsur kimiawi non logam yang dikategorikan sebagai inert gas yang artinya golongan gas yang tidak akan mengalami reaksi apapun dalam satu kondisi tertentu. Nitrogen bersifat lembam dan tidak korosif sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya bahaya ledakan dan kebakaran di atas kapal. Pesawat nitrogen generator adalah suatu pesawat bantu yang ada diatas kapal yang berfungsi untuk menghasilkan gas nitrogen (N2) murni dengan cara memisahkan gas nitrogen dengan udara. Di kapal LPG/C Gas Attaka mengalami suatu masalah pada nitrogen generator, permasalahannya adalah terjadi penurunan produksi nitrogen yang dihasilkan oleh nitrogen generator. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor apa yang mempengaruhi penurunan produksi nitrogen pada nitrogen generator di kapal LPG/C Gas Attaka serta upaya untuk menanggulangi penurunan produksi nitrogen tersebut. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif dan Teknik analisis data dengan metode SHEL yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis yang bertujuan untuk mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan memberikan data apa adanya sehingga dalam penelitian ini mendapatkan hasil penelitian yang sebenarnya terjadi di LPG/C Gas Attaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan penurunan produksi nitrogen pada nitrogen generator, dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi penurunan produksi nitrogen pada pesawat nitrogen generator dengan menggunakan metode USG untuk mengetahui faktor prioritas dalam permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab penurunan produksi nitrogen pada nitrogen generator dengan metode SHEL dan USG diketahui bahwa faktor paling penting dari faktor prioritas adalah ketidaksesuaian plan maintenance system (PMS) pada nitrogen generator. Ketidaksesuaian PMS yang dimaksud adalah jika nitrogen generator tidak mengalami masalah yang signifikan maka crew engine lebih mengutamakan perawatan pada mesin lainnya yang lebih emergency, dan menjadikan perawatan terhadap nitrogen generator tidak berjalan optimal. Dengan jadwal perawatan PMS yang tidak teratur maka berdampak terjadinya kerusakan komponen nitrogen generator dan membuat kinerja nitrogen generator menjadi menurun. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas adalah melaksanakan PMS sesuai dengan petunjuk dari manual book dan membuat list maintenance yang terjadwal agar pelaksanaan PMS dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nitrogen generator, Plan Maintenance System.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:09
Last Modified: 26 Sep 2022 01:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item