ANALISIS MENURUNNYA KINERJA INJECTOR PADA MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR DI MV.DK 03

PRIAMBUDI, RANO (2022) ANALISIS MENURUNNYA KINERJA INJECTOR PADA MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR DI MV.DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216629T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216629T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216629T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216629T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (551811216629T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216629T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (832kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rano Priambudi. 2022. NIT : 551811216629T, “Analisis menurunnya kinerja injector pada mesin diesel penggerak generator di MV DK 03”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Abdi Seno, M.Si, M.Mar. E, Pembimbing II : Capt. Dian Wahdiana, MM. Injector merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyemprotkan bahan bakar dari injection pump ke dalam ruang bakar pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak mendekati posisi TMA. Penelitian ini di ambil karena adanya penurunan suhu gas buang dan penurunan nilai Pmax pada siliinder no.5 mesin diesel generator, yang di sebabkan oleh kinerja injector yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apa saja faktor penyebab, dampak apa saja yang terjadi serta upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan menurunnya kinerja injector pada mesin diesel penggerak generator. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data SHEL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab menurunnya kinerja injector adalah pelaksanaan perawatan tidak sesuai dengan instruction manual book, nozzle tersumbat, berkurangnya elastisitas spring, bahan bakar menetes, kurangnya tekanan injector, bahan bakar kotor, kurangnya pengalaman kerja engine crew terhadap mesin diesel generator dan kurangnya respon engine crew dalam pengadaan spare part kapal. Dampaknya running hours melewati batas yang ditentukan yang menyebabkan kerusakan komponen, pengabutan tidak sempurna yang berdampak secara langsung pada mesin yaitu daya motor menurun, rendahnya suhu gas buang, terjadinya detonasi, asap hitam hasil pembakaran, kotornya filter bahan bakar oleh endapan lumpur, perawatan yang dilakukan terhadap injector kurang maksimal dan penggunaan spare part bekas. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan instruction manual book, melakukan penggantian komponen yang rusak, melakukan perawatan bahan bakar, melakukan briefing sebelum melakukan perawatan serta melakukan pengiriman request spare part kapal secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nozzle Injector, Pengabutan, Perawatan.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:47
Last Modified: 23 Sep 2022 06:47
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item