OPTIMALISASI PENTINGNYA PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN ENGINE LIFEBOAT DI KM. UMSINI

PRATAMA, RAIS SHIHAB (2022) OPTIMALISASI PENTINGNYA PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN ENGINE LIFEBOAT DI KM. UMSINI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216628T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216628T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216628T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216628T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811216628T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216628T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rais,Shihab, 551811216628 T , 2021, “Optimalisasi perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat di KM.UMSINI ”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri,M.T.,M.Mar.e Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto MT. Engine Lifeboat adalah suatu komponen mesin yang digunakan untuk menjalankan sekoci penolong dengan penyalaan kompresi diatur dengan sedemikian rupa sehingga pada setiap saat dalam keadan siap pakai harus bisa dihidupkan dengan segera. Engine lifeboat memerlukan perawatan yang optimal supaya engine lifeboat dapat digunakan dan tidak terjadi kerusakan pada engine lifeboat. Seperti yang terjadi pada engine lifeboat nomer 3 pada KM. UMSINI yang mengalami kerusakan saat dilakukan pengetesan oleh PSCO pelabuhan saat kapal berada di pelabuhan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan kuarang optimalnya perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat, dampak dari kurang optimalnya perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang diambil adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan riset lapangan yang meliputi wawancara chief engineer sebagai penanggung jawab mesin di atas kapal dan masinis 3 sebagai penanggung jawab engine lifeboat dan observasi serta dilengkapi quisioner yang di tujukan pada crew mesin pada KM. UMSINI, serta studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan SHEL dan USG. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penyebab dari dilaksanakanya perawatan lifeboat adalah mesin lifeboat yang tiba-tiba mati pada saat abandon ship drill, dikarenakan plan maintenance system pada manual book terhadap Engine Lifeboat yang tidak dilaksanakan dan perawatan yang tidak sesuai dengan adanya PMS pada Engine Lifeboat. Dari faktor penyebab tersebut mengakibatkan tidak dapatnya mesin pada lifeboat untuk di start serta penahanan sementara terhadap PSC . Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan performa dari lifeboat adalah melakukan perawatan berkala yang sesuai prosedur terhadap bagian bagian lifeboat diantaranya adalah dengan melakukan perawatan yang sesuai prosedur tiap minggu atau Saturday Routine Test terhadap part dan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai Plan Maintenance System yang sudah terjadwal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimalisasi, Engine Lifeboat, PMS
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:40
Last Modified: 23 Sep 2022 06:40
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item